hut

Penataan Pasar Tingkat di Maumere Perlu Dilakukan

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

MAUMERE – Penataan pasar tingkat Maumere yang merupakan salah satu pasar besar di kota Maumere kabupaten Sikka memang perlu segera dilakukan.Pasar ini dibangun sejak tahun 1980-an dan selalu dilakukan perbaikan bahkan setelah ada kebakaran.

Namun perbaikan yang dilakukan kata, Rudolfus Regi salah seorang pengunjung belum membuat pasar Tingkat terbebas dari kesemrawutan. Menurutnya, banyak pedagang tradisional yang masih menggelar dagangan di tanah menggunakan terpal atau karung bekas.

“Pemerintah memang sudah seharusnya melakukan penataan pasar tradisional ini agar tidak terkesan semrawut. Kalau ditata dengan lebih baik tentunya kami mendukung langkah tersebut,” ujar Rudolfus, Senin (12/8/2019) sore.

Menurut Rudolfus, ada penambahan los buat pedagang sayur dan ikan serta pedagang pakaian namun bagian tengah pasar masih semrawut. Pedagang memasang terpal sendiri agar terbebas dari terik matahari dan hujan.

“Kalau dilihat memang sangat semrawut sekali apalagi di bagian tengah ada saluran air bekas pekerjaan sebelumnya yang asal jadi saja. Bagian atas saluran tidak ditutup dengan baik bahkan ada yang tidak ditutup,” ujarnya.

Martina, salah seorang pedagang di pasar Tingkat mengatakan, sebelumnya di bagian selatan terdapat los untuk pakaian bekas. Namun para pedagang sudah dipindahkan ke pasar Alok beberapa tahun lalu sehingga areal ini kosong.

“Areal tersbeut belum ditata dan dibiarkan kosong sehingga dimanfaatkan pedagang tradisional untuk menjual hasil kebun mereka. Para pedagang biasanya hanya menjual pagi hari saja,” sebutnya.

Bahkan saat pagi kata Martina, pedagang dari kampung yang rata-rata dari kecamatan Nelle menggelar dagangan hingga ke luar pintu masuk pasar. Para pedagang menggelar dagangan di tanah dengan beralaskan terpal bekas atau karung plastik.

Drs. Yamanotona Bazaro Lase, Indiv, presiden direktur Yasonus Komunikatama Indonesia memaparkan soal penataan Pasar Tingkat di Maumere, Senin (12/8/2019) – Foto: Ebed de Rosary

Drs. Yamanotona Bazaro Lase, Indiv, presiden direktur Yasonus Komunikatama Indonesia mengakui, pihaknya memang telah bertemu dengan bupati Sikka dan disetujui untuk melakukan penataan pasar Tingkat Maumere.

Dalam kerjasama join operasional tersebut kata Yama, sapaannya, perusahaannya akan melakukan pembangunan pasar tersebut menjadi pasar modern.

“Nanti kami akan bangun dan bersama pemerintah akan mengelolanya. Para pedagang kecil tetap mendapatkan tempat berjualan di pasar ini dan tidak boleh ditelantarkan,” ungkapnya.

Pembangunan yang dilakukan pun kata Yama, tidak memindahkan pedagang. Penataan akan dilakukan agar kondisi pasar terlihat lebih layak sehingga pedagang bisa berjualan dengan nyaman.

“Pemerintah kabupaten Sikka sudah menyetujui dan kami sudah menyediakan kerjasama. Dalam waktu beberapa bulan ini kami akan melakukan penataan,” jelasnya.

Lihat juga...