hut

Penegakan Perda di DKI Jakarta Diminta Beradab dan Humanis

Editor: Mahadeva

JAKARTA – Anggota Satuan Polisi Pamong Praja DKI Jakarta harus bisa melayani warga Jakarta dengan baik. Anggota Satuan Polisi  Pamong Praja, merupakan aparat pemerintah daerah yang memiliki tugas menehgakan aturan daerah.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, mengatakan, aparat Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), harus senantiasa berkomitmen menegakkan aturan seperti Peraturan Daerah (Perda), Peraturan Gubernur (Pergub). Produk hukum tersebut harus dipastikan benar-benar terlaksana.

“Saya ingin menggarisbawahi kepada saudara-saudara yang bertugas di lapangan, sebagai Satpol PP, saudara-saudara bertanggung jawab menegakkan peraturan,” ujar Anies, Hari Ulang Tahun Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) ke-69 dan Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) ke-57 di Lapangan Monas, Rabu (7/8/2019).

Anies menyebut, Satpol PP merupakan perpanjangan tangan Pemprov DKI Jakarta. Para petugas harus tegas, supaya setiap aturan yang memiliki tujuan menciptakan ketertiban, bisa dijalankan di Ibu Kota.

Meski diminta tegas, anggota Satpol PP juga diimbau untuk tetap mengedepankan sikap beradab, humanis atau kemanusiaan. Anies menyebut, tidak perlu terlalu represif untuk menegakan aturan daerah. “Saudara-saudara hadirkan ketegasan, tapi ketegasan tidak selalu hadir bersama dengan kebengisan,” ujar Anies.

Anies mencatat, masih sering terjadi pelanggaran penyalahgunaan ruang publik dan fasilitas publik di Jakarta. “Masalah pemanfaatan ruang publik, fasilitas umum oleh karena masyarakat tidak disiplin, dalam usaha tidak sesuai dengan Perda yang ada. Pemprov DKI Jakarta punya tanggung jawab konstitusional terhadap ketertiban, ketenteraman dan peraturan daerah terjaga dengan baik,” ucapnya.

Lihat juga...
error: Terimakasih Sudah Berkunjung !!