hut

Peningkatan Kualitas Hidup Warga Desa Mandiri Lestari Kedungkandang, Berlanjut

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

MALANG – Yayasan Dana Sejahtera Mandiri (Damandiri) melalui program Desa Mandiri Lestari (DML), kembali meneruskan upaya peningkatan kualitas hidup warga kelurahan Kedungkandang, kecamatan Kedungkandang, kota Malang, dengan memberikan bantuan dana stimulan untuk pembuatan lantai dan jamban tahap kedua.

“Di tahap kedua ini Yayasan Damandiri memberikan bantuan dana stimulan untuk pembuatan lantai bagi 61 unit rumah dan 71 unit jamban bagi warga tidak mampu yang rumahnya benar-benar masih berlantaikan tanah dan tidak memiliki jamban,” jelas Manajer Umum Koperasi Unit Desa (KUD) Suluh Sejahtera Mandiri, Dian Novianti Widiasari, saat ditemui di kantornya, Jumat (30/8/2019).

Untuk 71 unit jamban tersebut, lanjutnya, sudah termasuk 11 jamban yang belum terselesaikan di tahap pertama.

Disampaikan Dian, dana stimulan yang diberikan oleh yayasan pada tahap kedua ini, masih sama dengan tahap pertama. Dimana masing-masing penerima manfaat lantainisasi mendapatkan bantuan dana sebesar Rp1,5 juta dan Rp 500 ribu bagi penerima manfaat pembuatan jamban.

“Alhamdulillah untuk bantuan lantainisasi, dari kuota 61 rumah tersebut sudah terealisasikan semua. Sedangkan untuk bantuan jamban masih tersisa 13 unit yang belum terlaksana dari kuota 71 jamban ,” sebutnya.

Tahap kedua, imbuhnya, sudah mulai dikerjakan sejak minggu ke 3 bulan Juli dan selesai pada bulan Agustus minggu ke 2.

Menurutnya, masih tersisanya 13 unit jamban yang belum terealisasi, karena ada beberapa warga yang ternyata belum siap menambah dengan biaya sendiri untuk membuat jamban. Sehingga mereka memutuskan untuk membatalkan menerima bantuan tersebut.

“Saat ini uang yang tersisa akibat belum terealisasinya 13 unit jamban tersebut sebesar Rp6,5 juta,” terangnya.

Lebih lanjut disampaikan Dian, program lantainisasi tahap satu dan dua merupakan pengalihan dari program bedah rumah yang masih menyisakan 20 rumah lagi dari 30 rumah yang ditargetkan. Pengalihan program bantuan tersebut bertujuan untuk pemerataan penerima manfaat.

“Dengan pengalihan program ini, jumlah penerima manfaat semakin banyak sehingga manfaatnya juga bisa dirasakan oleh banyak warga yang tidak mampu,” pungkasnya.

Lihat juga...