hut

Pesisir Selatan Bersiap Menyambut TdS 2019

Editor: Mahadeva

PESISIR SELATAN – Pemkab Pesisir Selatan, Sumatera Barat, bersiap menyambut perhelatan balap sepeda internasional Tour de Singkarak (TdS) 2019.

Pesisir Selatan menyiapkan 200 kamar penginapan, yang akan diperuntukan bagi pebalap dan official. Termasuk menyiapkan, kondisi jalan, dan acara penyambutan ajang balapan bergengsi tersebut.

Kepala Bidang Pariwisata, Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga setempat, Yohendro Nasti, mengatakan, 200 kamar itu tidak hanya terdiri dari hotel, tapi juga ada homestay. Persiapan dilakukan, karena Pesisir Selatan menjadi daerah etape terakhir balapan. “Kami menyiapkan 200 kamar di Pesisir Selatan, yang terdiri dari beberapa hotel dan rumah singgah atau homestay,” kata Nasti, Sabtu (24/08/2019).

Pelibatan homestay, agar kegiatan tersebut berdampak secara langsung kepada pengusaha lokal. “Sebelumnya kami juga telah membuka pembicaraan dengan panitia penyelenggara, minimal sebagian dari pebalap dan official harus menginap di Pesisir Selatan, sehingga kegiatan balapan juga berdampak terhadap pengusaha lokal,” sebutnya.

Di TdS 2019, Pesisir Selatan mendapat dua tugas sekaligus yaitu menjadi lokasi start dan finish balapan. Pada etape VIII yang diselenggarakan 9 November 2019, lokasi start di Kota Sungai Penuh, Provinsi Jambi dan finish di Pesisir Selatan, tepatnya di Taman Spora. Selanjutnya etape IX yang diselenggarakan pada 10 November 2019 mulai start di objek wisata Pantai Carocok Painan dan finish Kota Padang.

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Pesisir Selatan, Hadi Susilo/Foto: Ist/ M Noli Hendra

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Pesisir Selatan, Hadi Susilo, mengatakan, sebagai tuan rumah yang dipercaya sebagai penyelanggara finish etape Kerinci Painan dan Start Painan Padang, Pesisir Selatan terus mematangkan persiapan.

Pematangan dilakukan pada lokasi yang akan dijadikan sebagai tempat awal lomba, dan jalur yang dilewati pebalap. Lokasi start dan rute jalan yang akan ditempuh, telah ditinjau EO Pusat dan dipastikan tidak ada kendala. “Kalaupun ada di beberapa titik yang sekarang masih terlihat kurang bagus, pada hari H dipastikan akan bagus sesuai dengan koordinasi yang sudah kita lakukan dengan pihak terkait,” ungkapnya.

Untuk penyambutan, Pemkab Pesisir Selatan menyiapkan berbagai macam kegiatan kesenian, dan menyajikan makanan khas. ”Pada tahun ini, pebalap menginap di Painan, sebab Pesisir Selatan telah memiliki banyak penginapan, hotel atau rest, yang layak dan telah memenuhi standar dan sama dengan daerah lain,” sebutnya.

Rute balapan yang akan dilewati, mulai dari jalan Mandeh, dalam kota Painan, yang biasanya biasanya rute dalam kota mulai objek wisata Pantai Carocok-jalan pinggir Bukit Langkisau-Bundaran UHA, jalan Pahlawan Rawang-jalan Hamka-rumah dinas bupati-Pasar Painan dan lanjut menuju Padang.

“Pelaksanaan TdS kali ini sebagai salah satu promosi pariwisata di Kabupaten Pessel. Karena itu kita juga menghimbau kepada masyarakat yang memiliki ternak, ataupun acara pesta tidak menggunakan bahu jalan, dan melapas ternak pada hari H,” imbaunya.

Bupati Pesisir Selatan, Hendrajoni, menambahkan, daerahnya telah melakukan perbaikan jalan untuk menyambut pelaksanaan balap sepeda internasional TdS 2019. Perbaikan ruas jalan Painan-Padang yang tengah dilakukan merupakan tanggung jawab balai penanganan jalan nasional. Hal itu, sesuai status jalan tersebut yakni jalan nasional. Meski demikian, Dinas PU setempat, tetap melakukan koordinasi dengan Pemprov Sumatera Barat dan pihak lainnya.

Lihat juga...
error: Terimakasih Sudah Berkunjung !!