hut

Polda Kalbar Amankan 40 Tersangka Karhutla

Ilustrasi - Foto: Dok CDN

PONTIANAK – Polda Kalimantan Barat, hingga Senin (19/8/2019) sudah mengamankan 40 orang tersangka kasus kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

“Dari sebanyak 34 kasus Karhutla tersebut, sebanyak 32 kasus perorangan, dan satu kasus korporasi,” kata , kata Kabid Humas Polda Kalbar, Kombes (Pol) Donny Charles Go, Senin (19/8/2019).

Donny menjelaskan, dari 34 kasus Karhutla dua kasus sudah memasuki tahap dua, satu kasus memasuki penanganan tahap satu. Dan sisanya sebanyak 31 kasus masih proses penyelidikan.

Polda kalbar disebutnya, terus melakukan penegakan hukum kepada siapa saja, yang terlibat dalam pembakaran hutan dan lahan, baik yang dilakukan perorangan mau-pun korporasi. Proses penegakan hukum akan terus berjalan, bahkan tim asistensi dari Mabes Polri juga sudah diturunkan untuk melihat perkembangan penanganan Karhutla di Kalbar.

Yang pasti, Polda Kalbar tidak akan berhenti memproses, atau melakukan penyelidikan di setiap tempat kejadian perkara (TKP) Karhutla. Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, mencatat, hingga saat ini pihaknya sudah menyegel sepuluh perusahaan perkebunan dan HTI (Hutan Tanaman Industri), yang di lokasinya terdapat titik api atau Karhutla. (Ant)

Lihat juga...