hut

Polda Sumbar Luncurkan Aplikasi Digital Saber Pungli

Ilustrasi Saber Pungli - Dokumentasi CDN

PADANG – Polda Sumatera Barat meluncurkan aplikasi ponsel pintar Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli). Aplikasi tersebut untuk mendekatkan layanan kepada masyarakat di daerah itu.

Ketua tim Saber Pungli Sumatera Barat (Sumbar) Kombes Pol Rahmadi, mengatakan, aplikasi itu untuk memudahkan masyarakat mengadukan pihak terkait tentang tindak pidana pungutan liar. Dengan adanya aplikasi tersebut, pelaporan dugaan tindakan pungli dapat dilaporkan dengan cepat. “Saat ini aplikasi dapat diunduh di ponsel berbasis android saja sementara untuk IOS belum ada,” ucapnya, Kamis (29/8/2019).

Aplikasi tersebut dibuat, karena hampir 60 persen warga Sumatera Barat menggunakan ponsel pintar berbasis android. “Tentunya keberadaan aplikasi akan mempermudah pelayanan kepada masyarakat,” ujarnya.

Dengan aplikasi tersebut, masyarakat saat membuat laporan tidak harus datang ke kantor polisi. Dan identitas pelapor tetap dirahasiakan. “Intinya kehadiran aplikasi ini semakin mendekatkan masyarakat untuk mendapatkan layanan serta mempersempit ruang saber pungli itu sendiri,” katanya.

Sementara itu, dari catatannya, hingga Agustus 2019 belum ada laporan terkait dugaan pungutan liar di Sumbar. Kendati demikian, pihaknya tetap melakukan upaya pencegahan, agar tidak ada kejadian yang sangat merugikan orang lain tersebut. “Nah, selain dengan sosialisasi ini, dengan adanya aplikasi tersebut, tentunya segala kerawanan terhadap pungli perlu diantisipasi,” pungkasnya. (Ant)

Lihat juga...