hut

Pramuka Membangun Keutuhan NKRI

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

JAKARTA – Gerakan Pramuka dengan berbagai kegiatannya akan terus memperkuat dan menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Sejak awal Pramuka dirancang sebagai alat pendidikan bagi generasi muda untuk menjadi perekat dan siap membangun keutuhan NKRI,” ujar Inspektur Upacara Peringatan Hari Pramuka ke 58 tahun, Plh. Direktur Penelitian, Pengembangan dan Budaya, Sigit Gunardjo, saat memimpin upacara Peringatan Hari Pramuka ke 58 tahun, di Plaza Tugu Api Pancasila Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta, Rabu (14/8/2019).

Inspektur Upacara Peringatan Hari Pramuka ke 58 tahun, Plh. Direktur Penelitian, Pengembangan dan Budaya, Sigit Gunardjo (berdiri membaca naskah) saat memimpin upacara Peringatan Hari Pramuka ke 58 tahun, di Plaza Tugu Api Pancasila Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta, Rabu (14/8/2019). Foto: Sri Sugiarti

Menurutnya, kegiatan Pramuka sangat mulia untuk mendidik generasi muda yang sesuai dengan norma masyarakat yang berlaku. Sehingga gerakan Pramuka bisa hadir dan diterima oleh masyarakat di semua daerah.

Pramuka berasal dari Praja Muda Karana, yang mempunyai arti sekumpulan anak-anak muda yang suka berkarya. “Jadi sebagai anak muda, kalian harus bisa berkarya dengan mengisi kegiatan positif di dalam kehidupan,” ujarnya.

Dengan begitu lanjut dia, akan diperoleh suatu anggota Pramuka yang memiliki moral, mental dan budi pekerti yang bijaksana.

Selain itu juga akan menjadi manusia yang memiliki jiwa Pancasila yang setia dan patuh kepada NKRI. Sehingga generasi penerus bangsa akan berguna dan bermanfaat bagi pembangunan bangsa dan negara.

“Pesan saya, pada segenap anggota Pramuka teruslah berkreasi dan berkarya dalam wadah gerakan Pramuka,” tandasnya.

Sigit meyakini generasi muda bangsa yang berkegiatan Pramuka akan menjadi pribadi yang unggul dan hebat serta kreatif, bukan petarung dan pecundang.

Sigit pun mengingatkan janji Pramuka. Bahwa Pramuka Indonesia adalah manusia Pancasila, setia darma kudarmakan, darma kubaktikan agar jaya Indonesia.

“Jadilah patriot bangsa dan tetap kokoh menjaga dan mengamalkan Pancasila serta bhineka tunggal ika, demi kejayaan NKRI. Pancasila adalah dasar kita bernegara, pemersatu bangsa dan rumah kita bersama,” tukasnya.

Peringatan Hari Pramuka ke 58 ini akan diramaikan dengan kegiatan bakti masyarakat yang bertagline ‘Pramuka Bersih Negeri’.

Kegiatannya meliputi aksi donor darah, penetapan bulan Agustus sebagai bulan bakti Pramuka dengan melaksanakan ragam kegiatan.

Yakni diantaranya pencetusan komitmen gerakan Pramuka untuk mengurangi sampah plastik, aksi bersih pantai, laut dan sungai, penghijauan dan sebagainya.

Untuk perayaan di TMII, kegiatan Pramuka juga dimeriahkan dengan tarian daerah, kirab Pramuka, lomba Pramuka dan jelajah museum. Diantaranya ke Museum Indonesia, Museum Asmat, Museum Keprajuritan, dan Museum Pusaka.

Lihat juga...
error: Terimakasih Sudah Berkunjung !!