hut

Pramuka Sarana Meningkatkan Wawasan Kebangsaan

PUTUSSIBAU – Gerakan pramuka berperan penting dalam mempersatukan generasi muda dan meningkatkan wawasan kebangsaan mereka demi kepentingan menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia, kata Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Kapuas Hulu, Agus Mulyana.

“Melalui kegiatan pramuka diharapkan anak-anak kita semakin memahami bahwa hidup dalam bingkai NKRI tidak bisa hidup sendiri, melainkan hidup bersama-sama,” kata dia usai menghadiri peringatan Hari Pramuka tingkat Kabupaten Kapuas Hulu, Provinsi Kalimantan Barat di Putussibau, Rabu.

Saat ini, katanya, generasi muda dihadapkan dengan perkembangan teknologi yang harus disikapi secara bijak karena teknologi informasi bukan untuk dimusuhi tetapi harus dimanfaatkan untuk hal-hal yang arahnya positif.

Ia mengatakan perkembangan teknologi akan merusak generasi muda apabila tidak disikapi dan dimanfaatkan untuk kegiatan-kegiatan positif.

“Manfaatkan teknologi untuk kegiatan positif bila perlu baca peluang untuk dijadikan suatu pendapatan,” ucap Agus.

Ia mengatakan kegiatan pramuka juga dapat membentengi generasi muda dari pengaruh-pengaruh negatif yang menghancurkan mereka sebagai kekuatan masa depan dalam menjaga dan mempertahankan NKRI, seperti kenakalan remaja, narkotika, dan paham-paham radikal.

“Kegiatan pramuka sudah terstruktur diatur dalam undang-undang sehingga kegiatan pramuka memiliki nilai strategis dalam menyelamatkan anak bangsa dari pengaruh kelompok tertentu yang mengganggu kedaulatan NKRI,” ucap dia.

Dia mengatakan dukungan dan peran orang tua terhadap kegiatan pramuka bagi anak-anak mereka juga penting agar anak-anak tertanam jiwa nasionalisme melalui gerakan pramuka.

“Yang disampaikan kwartirnas itu sangat baik, mesti ada prasiaga yang dibentuk sebelum pramuka siaga,” kata Agus yang juga mantan Wakil Bupati Kapuas Hulu itu.

Dia mengimbau pihak kecamatan di Kapuas Hulu yang belum memiliki gugus depan gerakan pramuka segera membentuknya.

“Kita menginginkan generasi muda kita semakin memahami bahwa untuk menjaga keutuhan NKRI kita mesti hidup bersama-sama,” kata Agus Mulyana. (Ant)

Lihat juga...