hut

Rayakan Kemerdekaan, Pengunjung Mekarsari Diajak Petualangan Kebun

Editor: Mahadeva

JAKARTA – Selama Agustus 2019, Taman Buah Mekarsari mengajak pengunjung untuk merayakan kemerdekaan, dengan mengikuti Petualangan Kebun dan melihat berbagai tanaman koleksi. 

Marketing Communication Taman Buah Mekarsari, Firman Setiawan, menyebut, saat mengikuti Petualangan Kebun, pengunjung bisa melihat tanaman komoditi dan tanaman langka koleksi Taman Buah Mekarsari.

“Saat mengambil paket ini, pengunjung akan diajak pertama kali ke kebun Salak. Disini, pengunjung akan melihat berbagai jenis salak dari seluruh wilayah Indonesia,” kata Firman di sela-sela kegiatan Petualangan Kebun di Taman Buah Mekarsari, Sabtu (17/8/2019).

Salak koleksi Taman Buah Mekarsari, Sabtu (17/8/2019) – Foto Ranny Supusepa

Selain itu, ada juga beberapa varietas Salak hasil penelitian dari staf R&D Taman Buah Mekarsari. “Jadi ada beberapa varietas yang merupakan hasil persilangan dari beberapa jenis salak unggulan. Ada salak yang manis rasanya tapi daging buahnya tipis atau jumlah produksinya sedikit. Karena itu kami melakukan persilangan untuk mendapatkan kualitas terbaik,” ujarnya.

Dari Kebun Salak, para pengunjung akan memperoleh satu paket buah salak dan juga edukasi terkait salak.  “Setelah itu, pengunjung akan berkunjung ke kebun Belimbing. Dan disana juga bisa melihat koleksi buah langka milik Mekarsari,” ucap Firman lebih lanjut.

Setelah itu, pengunjung akan melihat tanaman Berenuk, yang juga merupakan salah satu tanaman langka koleksi Mekarsari. “Kenapa kami pilih Berenuk? Karena walaupun rasa Berenuk atau dikenal juga dengan nama Maja ini, pahit tapi buah ini bisa dimanfaatkan sebagai pestisida dan kompos. Jadi memang buah ini manfaatnya banyak,” tutur Firman.

Lokasi terakhir dari Petualangan Kebun adalah area danau, dimana para pengunjung dapat menikmati keindahan suasana danau Mekarsari menggunakan Perahu Naga. “Ini merupakan perhatian terakhir dari Petualangan Kebun. Pengunjung bisa beristirahat sambil menikmati suasana danau Mekarsari dan juga menikmati beberapa kuliner yang ada di area danau,” pungkasnya.

Lihat juga...