hut

Rhino X-Tri Diharap Mampu Bangkitkan Kembali Pariwisata Tanjung Lesung

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Banten Eneng Nurcahyati di Tanjung Lesung Beach Hotel, Pandeglang, Banten, Jumat (16/8/2019). -Foto: Antara/Cornea Khairany

PANDEGLANG — Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Provinsi Banten mendukung penyelenggaraan lomba triatlon bertajuk Rhino Cross Triathlon (Rhino X-Tri) 2019 yang akan dilaksanakan pada 28-29 September 2019 di kawasan wisata Tanjung Lesung, Pandeglang, Banten.

“Atas dukungan dari Kementerian Pariwisata, kegiatan lomba triatlon Rhino Cross Triathlon itu masuk kedalam kalender event Wonderful Indonesia. Jadi, tentu saja kami, bersama masyarakat, mendukung kegiatan sport tourism itu,” kata Kepala Disparbud Banten Eneng Nurcahyati dalam konferensi pers di Tanjung Lesung Beach Hotel, Pandeglang, Banten, Jumat (16/8/2019).

Lebih lanjut, dia pun berharap penyelenggaraan kegiatan tersebut dapat mengundang minat para wisatawan, baik domestik maupun mancanegara, untuk kembali berwisata menikmati keindahan alam di kawasan Tanjung Lesung.

“Pasca bencana tsunami tahun lalu, kegiatan Rhino Cross Triathlon ini menjadi salah satu event andalan kami yang diharapkan mampu membangkitkan kembali pariwisata di Tanjung Lesung. Selain banyak pesertanya, kami juga berharap lomba triatlon itu bisa menarik banyak pengunjung,” ujar Eneng.

Selain lomba triatlon, bertepatan dengan HUT RI ke-74 yang jatuh pada Sabtu (17/8), dia menuturkan pihaknya akan menggelar kegiatan bertajuk Pasar Kalitjaa di kawasan wisata Tanjung Lesung yang akan menjajakan beragam jajanan dan oleh-oleh khas Banten.

Aneka jajanan serta oleh-oleh khas Banten yang akan dijajakan dalam acara tersebut, diantaranya jojorong, nasi gonjleng, otak-otak Pandeglang, kerang lamis, pais burih, keripik sampeuk, madu odeng dan masih banyak lagi.

“Jadi, semua acara itu diadakan semata-mata untuk meningkatkan pariwisata di Tanjung Lesung, sekaligus mengembalikan kepercayaan masyarakat dan wisatawan bahwa saat ini Tanjung Lesung sudah mulai pulih dan aman untuk dikunjungi kembali,” ungkap Eneng.

Rhino Cross Triathlon 2019 terdiri dari tiga kategori, yaitu Rhinoxtriathlon kelas Rhino dengan jarak renang 1.000 kilometer, sepeda 20 kilometer dan lari 10 kilometer, Rhinoxtriathlon kelas Bull dengan jarak renang 500 meter, sepeda 10 kilometer dan lari 5 kilometer serta kategori Rhino MTB XC Marathon.

Pendaftaran peserta dapat dilakukan secara daring (online) melalui laman rhinoxtriathlon.com dan sudah dibuka sejak 1 Agustus 2019. (Ant)

Lihat juga...