hut

Ribuan Masyarakat Ikuti Prosesi Menumbuk Padi di Seren Taun

Editor: Mahadeva

KUNINGAN – Rangkaian tradisi seren taun 1952 Saka Sunda, diisi acara menumbuk padi. Kegiatan diikuti oleh ribuan masyarakat, dari wilayah Cigugur, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat dan sekitarnya.

Prosesi menumbuk padi, memiliki makna yang dalam di tradisi seren taun. Yadi Riyadi, warga Cigugur, yang bertugas menjaga lumbung padi mengungkapkan, penumbukan padi menyimbolkan seren taun. Sebelum ditumbuk oleh masyarakat, penumbukan dimulai dengan ketukan alu di lesung indung sebanyak tujuh kali. Kemudian diikuti oleh warga secara serempak secara bergiliran.

Padi yang ditumbuk berjumlah 22 kuintal, yang menyimbolkan 22 Rayaagung atau puncak seren taun. Dari 22 kuintal padi yang ditumbuk hanya 20 kuintal. Sisanya, dua kuintal dijadikan bibit untuk musim tanam tahun selanjutnya. Padi tersebut bagian dari proses ngajayak, atau padi dan buah yang diserahkan ke lokasi acara seren taun oleh masyarakat.

“Sebagai simbol ungkapan syukur dalam seserahan kepada Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan hasil pertanian yang melimpah, selain itu kebersamaan dalam melakukan proses penumbukan menyimbolkan keberagaman yang terjaga di Cigugur Kuningan,” terang Yadi Riyadi kepada Cendana News di Taman Sari Paseban Tri Panca Tunggal, Sabtu (24/8/2019).

Selain makna tanggal seren taun 22, 22 kuintal padi juga menyimbolkan 22 unsur di dalam diri manusia. Unsur tersebut diantaranya darah, kulit, dan daging. Sementara 2 kuintal menyimbolkan unsur berlawanan diantaranya siang dan malam, laki laki dan perempuan, serta benar dan salah.

Menumbuk padi, juga menyimbolkan hidup dan kehidupan. Manusia yang sempurna, disimbolkan makanan dari padi yang merupakan hasil karya manusia. Melalui menumbuk padi di seren taun, masyarakat dibawa untuk menyadari adanya sang pemberi kehidupan.

Simbol dewi Sri sebagai dewi padi, menjadi penggugah kesadaran betapa baiknya sang Maha Pencipta. “Melalui padi, maka manusia merasakan betapa murah dan asihnya Tuhan, menganugerahkan hidup dan kehidupan dari tahun ke tahun, dari generasi ke generasi,” papar Yadi Riyadi.

Suminta, menjaga padi yang akan ditumbuk dengan jumlah mencapai 22 kuintal yang akan ditumbuk 20 kuintal dan sebanyak 2 kuintal dijadikan bibit pada acara seren taun 24 Agustus 2019 di Cigugur Kuningan Jawa Barat – Foto Henk Widi

Suminta, penjaga lumbung padi lain menyebut, padi yang disiapkan untuk ditumbuk diantaranya varietas Rageyan. Untuk menumbuk padi, disiapkan puluhan lesung panjang. Kegiatan menumbuk padi harus diselesaikan dalam waktu seren tahun, sejak siang hingga malam.

Ribuan masyarakat dari berbagai wilayah Jawa Barat bahkan dilibatkan dalam kegiatan tersebut sebagai simbol kebersamaan. Kebersamaan yang tercipta sebagai makna Bhineka Tunggal Ika menjadi bermakna persatuan. Wilayah Cigugur dikenal sebagai Indonesia Kecil, dengan kekayaan alam, adat dan budaya serta agama-nya. Persatuan dan kesatuan yang terus dibina oleh Pangeran Djatikusumah, terus dibina oleh masyarakat hingga turun temurun.

Penumbukan padi yang penuh makna filosofi tersebut, menarik Vina salah satu wisatawan asal Magelang, Jawa Tengah. Dia ingin belajar toleransi dan keberagaman yang tinggi di Cigugur Kuningan. Melalui kegiatan penumbukan padi, Dia melihat kebersamaan masyarakat tanpa membedakan agama dan golongan.

Sebagian merang padi yang tidak ditumbuk, dibuat menjadi minatur wayang. Wayang dari merang padi dibuat oleh Umar, salah satu warga Cigugur. Sebagai oleh-oleh, wayang tersebut akan dibawa ke Magelang sebagai bukti telah mengikuti prosesi seren taun. Kegiatan adat tersebut menjadi budaya tradisional agraris masyarakat Sunda menjadi simbol persatuan yang tetap dilestarikan.

Sukarna, asal Garut, Jawa Barat mengaku hadir di seren taun sebagai bagian dari orang Sunda. Seren taun disebutnya, sebagai kesempatan melestarikan budaya. Sejumlah kesenian asal Garut, berupa tari ditampilkan pada rangkaian seren taun. Ia datang sepekan sebelum puncak seren taun, bersama 70 orang kelompok kesenian untuk memeriahkan acara termasuk ikut menumbuk padi.

Lihat juga...