Ribuan Narapidana di Sumsel Dapat Remisi Kemerdekaan

Apel penyerahan remisi di Rutan/Foto: Dokumentasi CDN

PALEMBANG – Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Sumatera Selatan, memberikan pengurangan masa pidana atau remisi umum kepada 7.723 narapidana.

Remisi diberikan pada peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia 17 Agustus 2019. “Narapidana yang tersebar di 20 lembaga pemasyarakatan dan rumah tahan negara itu pada peringatan 74 tahun kemerdekaan RI akan diberikan remisi selama satu hingga enam bulan,” kata Kepala Kanwil Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Sumatera Selatan, Sudirman D Hurry, Jumat (16/8/2019).

Remisi tersebut diberikan kepada narapidana yang dihukum, karena melakukan tindak pidana umum. Namun telah memenuhi persyaratan sesuai UU No.12/1995, tentang Pemasyarakatan. Kemudian dinilai berkelakuan baik selama menjalani masa hukumannya atau pembinaan.

Narapidana yang diberikan remisi tersebut sesuai usulan dari 12 kepala lapas, tiga kepala rutan, dan lima kepala cabang rutan yang tersebar di 17 kabupaten dan kota di daerah kerja Kanwil Kemkumham Sumsel.

“Para kepala lapas, rutan, dan cabang rutan yang paling mengetahui kondisi narapidana yang akan diberikan remisi, setiap narapidana yang diusulkan dan memenuhi persyaratan tidak ada yang ditolak,” ujarnya.

Narapidana yang menjalani pembinaan di 20 lembaga pemasyarakatan (lapas), rumah tahanan negara (rutan), dan cabang rutan dalam wilayah provinsi, tercatat lebih dari 10.000 orang. Narapidana yang diberikan remisi umum HUT Republik Indonesia ada 198 orang di antaranya bisa kembali ke rumah karena masa hukumannya berakhir setelah dikurangi pemberian remisi. (Ant)

Lihat juga...