hut

Sate Bebek Tambak, Empuk dan ‘Cetar’ di Lidah

Editor: Koko Triarko

BANYUMAS – Bagi warga Kabupaten Banyumas dan sekitarnya, jika ingin menikmati sate bebek, tentu akan berkunjung ke Kecamatan Tambak. Deretan warung sate bebek di sepanjang jalan raya Tambak, terkenal enak. Satenya empuk dan bumbunya cetar di lidah.

Di antara deretan warung sate di Tambak, yang paling lama dan dikenal luas adalah Sate Bebek Pak Encus. Warung ini merupakan pelopor sate bebek, hingga Kecamatan Tambak dikenal sebagai kota bebek.

Jika di tempat lain sate bebek dagingnya kecil-kecil, di Sate Bebek Pak Encus, ukuran daging lebih besar dan lebih empuk. Disediakan dua jenis bumbu, yaitu bumbu kacang dan bumbu kecap pedas. Beragam menu olahan bebek lainnya juga tersedia, mulai dari rica-rica bebek, bebek goreng dan bebek bakar.

“Kalau mau makan sate bebek, saya dan keluarga pasti pergi ke Tambak, Sate Bebek Pak Encus belum ada tandingannya sampai sekarang. Daging satenya besar dan empuk, bumbunya cetar,” tutur salah satu pelanggan, Saladin Ayubi, Sabtu (3/8/2019).

Saladin Ayubi, penggemar sate bebek -Foto: Hermiana E. Effendi

Olahan aneka masakan bebek di tempat Pak Encus istimewa, karena sejak buka pada 1990-an, selalu memilih bebek muda untuk masakannya. Alhasil, masakan yang dihasilkan empuk, ditambah bumbu spesial yang terus dipertahankan dari waktu ke waktu.

Harga sate porsi sate di tempat ini memang sedikit lebih mahal, Rp35.000 per porsi. Namun, harga tersebut sebanding dengan kenikmatan sate yang tidak akan dijumpai di tempat lain.

Saladin mengaku sudah menjadi pelanggan Sate Bebek Pak Encus sejak warung tersebut masih sangat sederhana di pinggir jalan. Hingga sekarang warung sate sudah megah dan lengkap, ia masih setia menjadi pelanggan.

“Kalau lewat Tambak, pasti mampir untuk makan sate bebek, atau jika terburu-buru, membeli dengan dibungkus. Sebab keluarga pasti tanya sate bebek, jika saya pergi lewat Tambak,” tuturnya.

Jika ingin menikmati Sate Bebek Pak Encus, bisa berkunjung ke Tambak dan warung sate ini buka sejak pagi hingga malam hari. Kecamatan Tambak sebagai ikon sate bebek, menjadi salah satu andalan kuliner di wilayah Banyumas. Seperti halnya Kecamatan Sokaraja yang menjadi ikon Soto Sokaraja dan Getuk Goreng Sokaraja, serta Jenang Jaket di Kelurahan Mersi, Kelurahan Purwokerto Timur.

Lihat juga...