hut

Senam Jantung Sehat Gairahkan Pariwisata Pantai Belebuk

Editor: Koko Triarko

LAMPUNG – Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Ragom Helau, menggelar senam jantung sehat bersama di pantai Belebuk, Desa Totoharjo, Kecamatan Bakauheni, Lampung Selatan (Lamsel). Selain sebagai rekreasi yang menyehatkan, acara ini diadakan sebagai upaya promosi wisata pantai, yang belum bangkit sepenuhnya sejak tsunami 22 Desember 2018. 

Rahmat, ketua Pokdarwis Ragom Helau, menyebut sejak tsunami 22 Desember 2018, jumlah kunjungan wisata masih belum pulih. Berdasarkan catatan, kunjungan terbesar ke pantai Belebuk terjadi pada Juni 2019, mencapai 2.000 hingga 3.000 pengunjung, yakni menjelang bulan Ramadan dan hari raya Idul Fitri. Pada hari biasa, kunjungan maksimal hanya 100 hingga 200 orang.

Kegiatan senam jantung sehat, katanya, menjadi salah satu cara mengenalkan objek wisata bahari usai tsunami. Kegiatan ini juga pertama kali dilakukan dengan melibatkan sejumlah klub jantung sehat (KJS) dari kecamatan di Lamsel. Sebagai klub olah raga, kegiatan senam menjadi cara rekreasi saat akhir pekan sembari menikmati suasana pantai.

Rahmat, Kepala Pokdarwis Ragom Helau, pengelola pantai Belebuk Desa Totoharjo, Kecamatan Bakauheni, Lampung Selatan -Foto: Henk Widi

“Berdasarkan kesepakatan dengan klub jantung sehat kegiatan olah raga dilakukan di lokasi objek wisata pantai Belebuk, untuk membangkitkan sektor pariwisata bahari,” terang Rahmat, Minggu (4/8/2019).

Menurut Rahmat, kegiatan senam jantung sehat akan diselenggarakan rutin, memanfaatkan hari libur. Sejumlah KJS yang berasal dari wilayah jauh dari pantai, menjadi cara mempromosikan destinasi wisata pantai. Sejumlah fasilitas pun sudah dibenahi, di antaranya saung bambu, perahu kano serta sejumlah fasilitas lain.

Rahmat mengatakan, pascatsunami sebagian area objek wisata pantai Belebuk masih belum pulih sepenuhnya. Rencananya, lokasi tersebut akan diratakan menjadi lapangan yang bisa digunakan sebagai lokasi senam dan sejumlah kegiatan.

Lokasi strategis menjadi keunggulan pantai Belebuk masih belum tergarap sempurna. Penggunaan pantai sebagai lokasi kegiatan, menurutnya memiliki nilai positif dalam mempromosikan wisata.

“Berbagai kegiatan yang digelar di objek wisata akan makin memperkenalkan potensi yang ada, dan peranan media sosial sangat penting,” ungkap Rahmat.

Catur Wati, ketua klub jantung sehat asal Desa Totoharjo, menyebut, kegiatan senam jantung sehat kerap digelar di beberapa tempat. Pemilihan pantai Belebuk sebagai lokasi kegiatan senam jantung sehat diakuinya menjadi bagian promosi wisata. Sebagai sebuah kegiatan olah raga sekaligus rekreasi, menggelar senam di tepi pantai memiliki nilai positif.

“Sebagai warga di sekitar pantai wisata, kami juga ingin mempromosikan destinasi wisata melalui kegiatan olah raga,” ungkap Catur Wati.

Sebelumnya, kegiatan senam jantung sehat dilakukan di masing-masing desa. Melalui kegiatan di pantai, senam jantung sehat memiliki manfaat untuk kesehatan. Sebab, sebagian area pantai Belebuk memiliki kontur bersih dengan adanya batu apung bisa digunakan sebagai alat terapi. Sejumlah pengunjung bisa melakukan terapi dan refleksi.

Lihat juga...