hut

Senam Jantung Sehat, Sarana Mengajak Masyarakat Gemar Berolahraga

Editor: Mahadeva

LAMPUNG – Gerakan masyarakat hidup sehat di Lampung Selatan digencarkan dengan kegiatan senam jantung sehat.

Ariswandi, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga, Kabupaten Lampung Selatan menyebut, di Lamsel telah terbentuk 17 klub jantung sehat (KJS). Klub tersebut tersebar di sejumlah kecamatan.

Senam jantung sehat mulai banyak diikuti warga utamanya para wanita di pedesaan. Dari 260 desa di daerah tersebut, sebagian besar sudah membentuk KJS. Senam jantung dinilai memiliki manfaat positif, karena dapat membiasakan masyarakat untuk gemar berolahraga. Selain itu, menjadi sarana sosialisasi, antara sesama warga dengan kegiatan yang menyehatkan.

Ariswandi,SH.MH, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Lampung Selatan – Foto Henk Widi

“Senam jantung sehat, sebagai kegiatan olahraga sekaligus melatih kekompakan karena diiringi dengan musik bahkan sekaligus bisa dilombakan untuk melihat tingkat kekompakan dalam gerakan yang selama ini telah dilatih,” ungkap Ariswandi di Penengahan, Jumat (16/8/2019).

Ariswandi, yang juga Ketua Ikatan Pelatih KJS Lampung Selatan menyebut, pelatih yang ada saat ini telah memiliki kartu izin pelatih. Dan untuk memajukan KJS, digelar lomba senam jantung sehat. “Peran serta kepala desa dalam menggalakkan senam jantung sehat juga terlihat dalam memfasilitasi kegiatan lomba ini,” ungkap Ariswandi.

Camat Kecamatan Penengahan, Erdiansyah, SH, MM menyebut, lomba senam jantung sehat baru pertama kali digelar. Kegiatan tersebut diikuti oleh seluruh desa di Kecamatan Penengahan, bahkan beberapa desa mengirimkan dua KJS untuk menguti perlombaan. “Kegiatan senam sebagai bagian dari olahraga, tentunya harus mendapat dukungan serta kegiatan harus rutin dilakukan bukan hanya untuk perlombaan saja,” ungkap Erdiansyah.

Nuriah, salah satu pelatih KJS menyebut, untuk menjadi pelatih harus memiliki izin dari YJI. Lomba senam jantung sehat, menjadi sarana untuk melihat kemampuan peserta. Sebagai pelatih senam jantung sehat di Desa Tetaan, Kecamatan Penengahan, Nuriah menerjunkan 10 orang peserta. Gerakan dinamis dan enerjik diakuinya menjadi ciri khas senam jantung sehat. Senam dengan durasi sekitar 15 menit juga dikonsep dengan gerakan yang dinamis.

Lihat juga...
error: Terimakasih Sudah Berkunjung !!