hut

Senja di Situ Rawa Gede Bekasi

Editor: Koko Triarko

BEKASI – Situ Rawa Gede menjadi alternatif baru bagi warga Kota Bekasi untuk menikmati sore, bersama terbenamnya matahari di Kota Patriot. Memanfaatkan lahan resapan hingga berbentuk danau, secara bertahap kini Situ Rawa Gede setiap hari ramai dikunjungi oleh warga Kota Bekasi, Jawa Barat.

“Kunjungan cukup lumayan, apalagi Sabtu-Minggu, apalagi sekarang lagi musim kemarau begini, rata-rata pengunjung datangnya sore untuk menikmati matahari terbenam di tengah danau melalui perahu bambu yang dikreasikan,” ujar Krisdayadi, Ketua LSM Amphibi, Kelurahan Bojongmenteng, Rawalumbu, Kota Bekasi, Minggu (11/8/2019).

Situ Rawa Gede  berlokasi di ujung perkampungan, masuk dari kelurahan Bojong Menteng, Kecamatan Rawa Lumbu, tepat di Gedung Kesenian Kota Bekasi. Dulu, tempat tersebut merupakan tempat sampah yang diubah oleh pemuda setempat melalui dana swadaya masyarakat, hingga menjadi tempat santai bersama keluarga.

Krisdayadi, Ketua LSM Amphibi, Kelurahan Bojongmenteng, Rawalumbu. –Foto: M Amin

Bang Codet, sapaan akrab tokoh pemuda setempat, mengaku sampai saat ini fasilitas yang disediakan masih diambil dari dana swadaya masyarakat, atau hasil yang dikumpulkan oleh pemuda setempat. Tetapi, berbagai fasilitas terus bertambah untuk memberikan kenyamanan pengunjung.

“Melalui dana seadanya, kami mengkreasikan berbagai hal, terutama untuk lokasi fotografi. Setidaknya ini cara kami dalam mengenalkan dan menarik pengunjung. Dengan mereka foto di tempat khusus, ditampilkan di sosial media tentu membuat penasaran,” tandas Codet.

Menurutnya, masih belum berubah banyak dari suasana di Situ Rawa Gede, tetapi ada penambahan perahu, dan spot foto yang didesain khusus. Pengunjung banyak menggunakan perahu rakit untuk ke tengah danau, apalagi saat sore menjelang matahari terbenam, suasana jingga akan terasa di tengah danau.

Dia mengaku, sudah beberapa kali mengajukan ke Pemerintah Kota Bekasi, baik melalui dinas pariwisata, tetapi hanya diberi janji. Dan, sampai sekarang, belum ada satu pun bantuan Pemkot Bekasi untuk memperbaiki lokasi Situ Rawa Gede.

“Belum ada bantuan sama sekali sampai sekarang, belum ada solusi masih ngambang aja,” ujarnya.

Ada pun fasilitas dalam memanjakan pengunjung di Situ Rawa Gede, seperti perahu dengan kapasitas 15 orang sekali jalan, satu orang ditarik ongkos Rp15 ribu, dan bisa juga untuk mancing dan lainnya. Situ Rawa Gede menawarkan kenyamanan di tengah perkotaan layaknya wisata air danau.

Lihat juga...