hut

Tanamkan Nilai-nilai Agama Sejak Dini

Editor: Koko Triarko

BONDOWOSO – Penanaman nilai-nilai keagamaan sejak dini kepada anak-anak, akan terekam dan turut membentuk karakternya di masa dewasa. Semangat itu pula yang mendasari pelaksanaan manasik atau pelatihan tata cara ibadah haji yang dilakukan TK Bhakti di Kelurahan Kotakulon, Kecamatan Kota/Kabupaten Bondowoso.

“Memang untuk anak TK, tidak kita ajarkan tata cara atau fikihnya secara detail, sebagaimana manasik haji untuk orang dewasa. Karena yang kita tekankan lebih pada pengenalan tentang haji sebagai salah satu Rukun Islam kepada anak-anak,” ujar Muawanah, Kepala TK Bhakti, di sela-sela membimbing anak didiknya, Kamis (15/8/2019).

Muawanah (kiri), Kepala TK Bhakti, Bondowoso, di sela-sela membimbing anak didiknya, Kamis (15/8/2019). -Foto: Kusbandono.

Muawanah mengakui, sejak pertama kali berdiri pada 1986, ini adalah pertama kalinya bagi TK Bhakti mengadakan manasik haji.

“Memang sudah kita rencanakan sejak awal, sesuai kurikulum yang dikembangkan di TK kami. Karena dengan kurikulum yang baru ini, diharapkan membentuk putra-putri yang saleh salehah,” ujar Muawanah.

Melalui manasik haji ini, Muawanah berharap anak didiknya kelak memiliki motivasi untuk berangkat haji ke Tanah Suci, kelak. “Selama ini mereka tahunya cuma kurban sapi atau kambing ketika Iduladha,” ujar Muawanah.

Lazimnya anak-anak, banyak celotehan lucu selama pelaksanaan manasik haji. Terlebih bagi anak laki-laki yang mengenakan pakain ihram yang tidak biasa mereka kenakan.

“Anak-anak antusias sekali. Mereka bilang, seneng pakai baju kayak gini. Kayak pak haji, katanya,” cerita Muawanah sembari tersenyum.

Lihat juga...