hut

Tes MotoGP Sirkuit Misano, Quartararo Tercepat

Fabio Quartararo (Petronas Yamaha SRT) di tes Misano (Sepangracingteam.com)

JAKARTA — Pebalap debutan Fabio Quartararo (Petronas Yamaha SRT) kembali menjadi mencatatkan waktu tercepat di hari kedua sesi tes resmi MotoGP di Sirkuit Misano, Italia, Jumat waktu setempat.

Pebalap asal Prancis itu mencatatkan waktu satu menit 31,639 detik, 0,010 detik lebih lambat dari rekor waktu putaran tercepat di Misano, demikian laman resmi MotoGP.

Danilo Petrucci finis peringkat kedua, 0,476 detik lebih lambat diikuti oleh Franco Morbidelli (Petronas Yamaha SRT) di peringkat tiga.

Jack Miller (Pramac Racing) memuncaki sesi tes pagi namun tak meneruskannya di sore hari setelah mengalami masalah dengan motor pertama yang ia uji.

Pebalap asal Australia itu menguji kecepatan di balapan dan stabilitas motor Ducati di tikungan cepat, yang memberinya kesulitan ketika di Silverstone pekan lalu.

Rekan satu timnya, Francesco Bagnaia juga mengerjakan setup balapan dari motor GP18nya. Keduanya finis peringkat lima dan ketujuh.

Valentino Rossi (Monster Energy Yamaha MotoGP) finis peringkat keempat hari itu. Pebalap asal Italia itu terlihat menguji rem depan berbalut serat karbon di salah satu motor YZR-M1-nya.

Rekan satu timnya, Maverick Vinales kembali menguji knalpot ganda, membandingkan dengan knalpot tunggal yang biasa dipasang di mesin Yamaha.

Pebalap asal Spanyol itu kembali memasang buritan motor yang ia biasa pakai dan mengakhiri tes di peringkat enam, satu detik di belakang Quartararo.

Di kubu Repsol Honda, Marc Marquez menjajal motor pebalap uji HRC Stefan Bradl dan berakhir di peringkat 10 besar.

Sementara hari ini giliran Bradl membawa motor berwarna hitam yang dipakai Marquez pada Kamis.

Takaaki Nakagami (LCR Honda Castrol) menjadi pebalap Honda tercepat di hari kedua dengan finis ke delapan. Sedangkan juara dunia lima kali Jorge Lorenzo tidak turun karena masih pemulihan cedera.

Andrea Dovizioso dan Petrucci menguji salah satu dari kedua motor mereka dengan komponen tambahan di lengan ayunnya. Kedua pebalap Italia itu juga tampak menggunakan penutup roda di motor GP19nya.

Sedangkan pebalap uji Michele Pirro turun dengan belly pan Ducati yang terlihat sedikit berbeda dan finis peringkat ke-15. Dovizioso finis ke-17.

Tim Suzuki Ecstar mendapati pebalapnya, Joan Mir, finis P11 setelah pulih dari cedera yang ia dapat di tes Brno.

Mir menguji seting, suku cadang baru, dan daya cengkeram ban dan finis di atas rekan satu timnya, Alex Rins.

Di kubu KTM, legenda MotoGP Dani Pedrosa menguji bagian ekor motor KTM yang mirip digunakan Pol Espargaro dan Johann Zarco di sesi pembuka.

KTM menguji bagian-bagian yang mereka pertimbangkan akan digunakan di balapan-balapan selanjutnya. Pedrosa pun menjadi pebalap KTM tercepat hari itu sementara Espargaro terjatuh di sesi pagi.

Sesi tes resmi Misano berakhir hari itu dan sirkuit itu akan menggelar seri selanjutnya, GP San Marino, pertengahan September nanti.

Catatan waktu 10 terbaik hari kedua tes Misano
1. Fabio Quartararo (Petronas Yamaha SRT) – 1:31,639
2. Danilo Petrucci (Ducati Team) + 0,476
3. Franco Morbidelli (Petronas Yamaha SRT) + 0,614
4. Valentino Rossi (Monster Energy Yamaha MotoGP) + 0,750
5. Jack Miller (Pramac Racing) + 0,766
6. Maverick Viñales (Monster Energy Yamaha MotoGP) + 0,937
7. Francesco Bagnaia (Pramac Racing) + 0,968
8. Takaaki Nakagami (LCR Honda Idemitsu) + 1,101
9. Aleix Espargaro (Aprilia Racing Team Gresini) + 1,261
10. Marc Marquez (Repsol Honda Team) + 1,266

(Ant)

Lihat juga...