hut

Tim Olimpiade Kebumian Indonesia Siap Masuki Tahap Akhir

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

JAKARTA – Menjelang tahap akhir, yaitu presentasi ITFI dan penilaian poster dari setiap tim di International Earth Science Olimpiad (IESO) 2019, tim kebumian Indonesia dilaporkan dapat mengikuti semua tahap dengan baik.

Salah satu pendamping tim Indonesia, Dr. Ichsan Ibrahim, menyatakan, tes tulis sudah dilakukan pada tanggal 28-29 Agustus 2019. Selanjutnya adalah tes presentasi dan poster yang akan dilakukan pada Minggu (1/9).

Suasana para peserta olimpiade kebumian mengikuti tes tertulis, Sabtu (31/8/2019) – Foto: Istimewa

“Tim pendamping memang tidak bisa berbincang langsung dengan siswa. Tapi dari pantauan saya, sejauh ini tim Indonesia terlihat cukup baik dalam berkomunikasi dengan rekan timnya,” kata Ichsan saat dihubungi, Sabtu (31/8/2019) malam.

Ichsan menjelaskan bahwa semua siswa yang mengikuti IESO 2019, diacak dan dipasangkan dengan siswa yang berbeda negara.

“Penilaiannya akan dilakukan secara tim dan juga secara individual. Penilaian dilakukan secara bertahap dalam rapat juri,” ucap Ichsan.

Rapat juri terakhir, menurut Ichsan, adalah pada tanggal 1 September 2019 malam, setelah presentasi ITFI dan presentasi poster ESP.

“Pada hari ketujuh itulah, nanti akan diumumkan hasil penilaiannya. Secara gabungan, dari tes tulis dan praktik,” kata Ichsan lebih lanjut.

Ichsan menceritakan bahwa tes tulis yang dilaksanakan dalam dua tahap.

Ki-ka: Pendamping Tim Olimpiade Kebumian Indonesia, Dr. Ichsan Ibrahim, Handi Halim, Karina Imani, Ivan Muhammad Mahendra, Muhammad Eko Akbar Heriyanto, Asisten Pendamping dari UGM Zahratun Nadira dan Farah, Sabtu (31/8/2019)  – Foto Ranny Supusepa

“Tahap pertama pada tanggal 28 Agustus, terdiri dari dua bagian dan tahap kedua tanggal 29 Agustus terdiri dari dua bagian juga,” urai Ichsan.

Mengakhiri pembicaraan, Ichsan mengharapkan yang terbaik bagi para siswa saat presentasi di hari terakhir pertandingan.

“Ini para peserta baru saja selesai melakukan investigasi lapangan secara tim. Dan malam ini, bersama tim, mereka mempersiapkan file presentasi untuk besok pagi,” pungkasnya.

Lihat juga...