hut

TMII Menjadi Kawasan Percontohan Pengutamaan Bahasa Negara

Editor: Mahadeva

JAKARTA – Badan Pengembangan Bahasa dan Pembukuan menetapkan Taman Mini Indonesia Indah (TMII), menjadi kawasan percontohan praktik pengutamaan bahasa negara di ruang publik.

“TMII ini merupakan kawasan destinasi wisata yang sangat baik. Mengunakan bahasa negara di ruang publik. TMII patut menjadi kawasan percontohan pengutamaan bahasa Indonesia,” kata Kepala Badan Pengembangan Bahasa dan Pembukuan, Dadang Sunendar, pada seminar dan lokakarya, Pengutamaan Bahasa Negara di Ruang Publik, Penguatan Pengawasan, di Sasono Adiguno TMII, Jakarta, Selasa (6/8/2019).

Badan Pengembangan Bahasa dan Pembukuan sudah menerjunkan tim pengendali bahasa, untuk melakukan survei di Ibu Kota Jakarta. Hal itu dilakukan, karena di Jakarta ada berbagai wahana wisata.

Dari penilaian tersebut, TMII ditetapkan menjadi salah satu kawasan wisata yang sangat baik dalam pengutamaan bahasa negara di berbagai kegiatannya. “Jadi Pak Tanri (Direktur Utama TMII), kami di pengandalian bahasa melakukan survei. Alhamdulillah, TMII termasuk dalam kawasan yang betul- betul menjaga bahasa negara di ruang publik,” ujarnya.

Dengan pencanangan TMII sebagai kawasan percontohan pengutamaan bahasa negara di ruang publik, Dadang berharap akan berimbas yang baik kepada wajah Jakarta keseluruhan.

TMII yang merupakan reprentasi Indonesia sekaligus destinasi wisata, ditetapkan sebagai kawasan percontohan melalui tiga tahap. Pada tahap pencanangan dilakukan pada 2018 hingga 2020. Tahap perluasan (2020-2025), dan tahap pemertahanan (2025-2030).

Dadang menyebut, pengutamaan bahasa negara tersebut memerlukan pengawasan internal dan eksternal.  Peningkatan sumber daya manusia (SDM), merupakan upaya yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan dalam pemgawasan bahasa.

Dalam konteks kelembagaan, kualitas kerja lembaga pemerintahan akan diawasi oleh Inspektorat Jenderal. Begitu juga kualitas layanan aparatur sipil negara kepada masyakarat, diawasi oleh Ombudsman RI sebagai lembaga pengawas.

Lihat juga...
error: Terimakasih Sudah Berkunjung !!