hut

TNI AD Siap Bantu Pemprov NTB Tuntaskan Rehabilitasi-Rekonstruksi

MATARAM — Kepala Staf TNI AD (Kasad) Jenderal TNI, Andika Perkasa mengatakan TNI AD siap membantu Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) menuntaskan rehabilitasi dan rekonstruksi pascabencana gempa bumi yang melanda provinsi itu.

“Pokoknya kita akan terus berusaha membantu Pemerintah Daerah kabupaten kota di NTB,” ujar Kasad disela-disela peninjauan progress rehab rekon rumah tahan gempa (RTG) di wilayah Gontoran, Kelurahan Bertais, Kecamatan Sandubaya, Mataram, Selasa (6/8/2019).

Ia menjelaskan, pihaknya telah menerjunkan sekitar seribu prajurit TNI AD untuk membantu proses rehab rekon pascagempa. Namun apabila dibutuhkan lagi, maka siap untuk diterjunkan.

“Kalau seribu dari pusat yang kami kirim kurang, kami pun siap pak kalau memang diperlukan untuk mempercepat karena sejauh ini sudah seperempat,” tambahnya.

“Kalau memang pak Wali dan pak Gub memandang perlu untuk penambahan tenaga, kami siap dan masih bisa,” tegas Andhika.

TNI AD dalam upaya membantu pemerintah daerah untuk proses rehab rekon pasca gempa bumi secara umum dianggap dan kelihatan sudah maksimal.

Kinerja pihak TNI AD dari Satuan Zeni dalam membantu proses rekon di NTB juga dipengaruhi ketersediaan bahan kemudian target.

Pada kesempatan tersebut, Kasad yang didampingi Gubernur NTB dan Walikota Mataram menyaksikan penyerahan kunci rumah secara simbolis yang diberikan kepada warga.

Sementara itu, Gubernur NTB, H. Zulkieflimansyah mengucapkan terimakasih kepada TNI dan khususnya TNI AD yang selama ini fokus memberikan bantuan kepada masyarakat NTB.

“Anggota TNI selalu hadir di tengah-tengah masyarakat pada saat bencana alam gempa mulai dari tanggap darurat, tahap rehab rekon hingga sekarang proses rehab rekon terpadu yang melibatkan ribuan pasukan Zeni TNI,” jelas dia.

Sebelumnya, Kepala Staf Korem 162/WB Letkol Inf Endarwan Yansori memberikan paparan tentang progress rehab rekon terpadu yang dikerjakan seribu Personel TNI dari pasukan Zeni maupun aplikator dari TNI Polri tersebat di tujuh kabupaten kota se-NTB. (Ant)

Lihat juga...