hut

Turi dan Sengon Jadi Alternatif Penghijauan Warga Lamsel

Redaktur: ME. Bijo Dirajo

LAMPUNG — Turi (Sesbania grandiflora) yang memiliki banyak fungsi menjadi andalan untuk penghijauan bagi masyarakat di Desa Gandri Kecamatan Penengahan Lampung Selatan (Lamsel). Salah satu kelebihannya tidak mengalami layu, kering meski saat kemarau.

“Meski sejumlah tanaman lain menggugurkan daun, turi masih tetap menghijau,” sebut Widodo, salah satu warga, Rabu (14/8/2019).

Dikatakan, sebagai tanaman menahun, turi memiliki multifungsi. Mulai sebagai sumber bahan pangan, sayur hingga jadi alternatif pakan ternak.

Kemampuan turi bertahan hidup saat kemarau membuat warga memilihnya sebagai tanaman penghijauan.

“Sebagai tanaman penghijauan warga Desa Gandri masih mempertahankan turi selama bertahun tahun sebagai peneduh jalan, membuat jalan lebih indah terutama saat berbunga dengan warna merah dan putih,” ungkap Widodo saat ditemui Cendana News, Rabu (14/8/2019)

Perbanyakan tanaman memakai biji membuat tanaman turi mudah dikembangkan. Kala musim penghujan penanaman turi bisa dilakukan sebagai pengganti tanaman yang sudah tua.

Kemampuan tanaman dalam menyerap panas dan debu sekaligus menjadi benteng alami. Sebab saat kemarau jalan yang dilintasi kendaraan menyumbang polusi debu dan asap kendaraan. Keberadaan pohon turi terbukti efektif menjaga udara tetap segar.

“Proses perawatan mudah tanpa harus disiram karena meski kemarau tanaman masih tetap bertahan hidup,” timpal Widodo.

Ditanam pada sejumlah tegalan atau pematang sawah, sungai, tanaman efektif menahan longsor. Sebab perakaran yang baik mampu menyerap air yang berasal dari sungai.

Manfaat turi dirasakan oleh Damiran, pemilik ternak kambing yang terbantu kebutuhan pakan saat kemarau. Selain ikut menanam turi, ia juga menanam sengon. Sebab sengon bisa dimanfaatkan daunnya sebagai sumber pakan sebelum dipanen.

Penanaman sengon disebutnya memiliki fungsi sama seperti turi, bisa digunakan untuk tanaman penghijauan kaya manfaat.

“Sebelum memasuki usia enam tahun daun sengon bisa dipakai untuk pakan ternak lalu kayunya bisa dijual sebagai bahan bangunan,” papar Damiran.

Lihat juga...
error: Terimakasih Sudah Berkunjung !!