hut

Usaha Ternak Sapi KUD Sahabat Damandiri Sejahtera, Membuahkan Hasil

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

YOGYAKARTA – Usaha demplot ternak sapi yang digagas Yayasan Damandiri, melalui KUD Sahabat Damandiri Sejahtera Argomulyo, mulai memberikan manfaat secara nyata bagi warga masyarakat desa Argomulyo, Sedayu, Bantul.

Dirintis sejak akhir tahun 2017 lalu, usaha ternak sapi yang dilakukan di kelompok ternak Ngudi Rejeki, dusun Kaliberot, Argomulyo ini hingga tahun 2019 ini terlihat telah mengalami perkembangan yang menggembirakan.

Sebanyak 15 ekor sapi bantuan Yayasan Damandiri yang dikelola kelompok ternak Ngudi Rejeki, mulai berkembang biak atau beranak pinak. Hingga saat ini tercatat telah ada 6 ekor sapi yang melahirkan serta bunting.

Ketua Kelompok Ternak Ngudi Rejeki, Rakimin, mengatakan tahun 2017 lalu, pihaknya mendapatkan modal usaha sebanyak 15 sapi betina dari KUD Sahabat Damandiri Sejahtera Argomulyo.

Bantuan modal usaha itu diberikan sebagai bagian program peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui program Desa Cerdas Mandiri Lestari Argomulyo.

“Awalnya kita mengajukan proposal kerjasama ke Yayasan Damandiri. Karena memang potensi dusun Kaliberot sangat cocok untuk dikembangkan usaha ternak. Akhirnya disetujui, dengan sistem bagi hasil,” katanya, Sabtu (31/8/2019).

Karena program ini bertujuan untuk mensejahterakan warga, maka KUD Sahabat Damandiri Sejahtera Argomulyo tak serta merta mengambil keuntungan sebanyak-banyaknya. Perbandingan keuntungan justru lebih banyak diberikan kepada warga yang tergabung dalam kelompok ternak Ngudi Rejeki.

“Jadi sapi-sapi ini kita pelihara sampai besar. Nanti jika mulai beranak, anakan dibagi hasil. Anakan pertama 80 untuk peternak dan 20 untuk koperasi. Anakan kedua 70 untuk peternak dan 30 untuk koperasi. Jika indukannya sudah tidak produktif dan dijual, pembagiannya 50 untuk peternak dan 50 untuk koperasi,” katanya.

Menurut Rakimin, adanya program bantuan demplot ternak sapi dari KUD Sahabat Damandiri Sejahtera Argomulyo tersebut sangat membantu warga desa khususnya sebanyak 15 orang peternak di dusun Kaliberot. Pasalnya mereka bisa memiliki tabungan melalui sapi-sapi yang dipelihara.

“Jelas sangat membantu. Apalagi saat ini sudah mulai kelihatan hasilnya. Karena dulu sapi itu masih kecil, tapi sekarang sudah besar dan sebagian sudah mulai bunting serta beranak. Sebentar lagi bisa dijual,” katanya.

Manajer Umum KUD Sahabat Damandiri Sejahtera, Argomulyo, Gatot Nugroho, saat dijumpai Cendana News, Sabtu (31/8/2019) – Foto: Jatmika H Kusmargana

Manajer Umum KUD Sahabat Damandiri Sejahtera Argomulyo, Gatot Nugroho, mengaku mendukung penuh usaha ternak sapi yang dilakukan Kelompok Ternak Ngudi Rejeki.

Ia berharap seluruh peternak anggota dapat serius memelihara dan mengembangkan usaha tersebut sehingga akan berdampak pada peningkatan kesejahteraan mereka.

Lihat juga...