hut

Wali Kota Balikpapan Awasi Langsung Proyek Drainase

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

BALIKPAPAN – Proyek pengendalian banjir di Kota Balikpapan terus berjalan dan untuk mengetahui kualitas pelaksanaan proyek, Pemerintah Kota memantau langsung pelebaran drainase yang tengah dilaksanakan.

Beberapa proyek yang dipantau langsung salah satunya drainase di jalan Mulawarman, jalan Sudirman dan beberapa titik lainnya.

Selain mengawasi kualitas pengerjaan proyek, pemerintah kota juga memantau ketepatan waktu pelaksanaan. Mengingat saat ini mulai memasuki musim penghujan.

“Kami pantau langsung pengerjaan yang dilakukan oleh pihak kontraktor. Tujuannya untuk mengendalikan aliran air dan mengurangi potensi banjir,” kata Wali Kota Balikpapan, Rizal Effendi, di sela peninjauan langsung proyek drainase yang ada di Jalan Jenderal Sudirman, Rabu (21/8/2019).

Proyek senilai Rp4,4 miliar dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Balikpapan 2019 ini harus selesai 31 Desember mendatang. “Dilaporkan, kontraktor nambah pekerja,” ucapnya.

Rizal menegaskan kepada kontraktor MN untuk tidak dengan sengaja melakukan rekayasa bahan material hanya untuk mengejar waktu pengerjaan. Sehingga mengabaikan kualitas.

“Itu pasti jadi masalah. Kita nggak mau lagi ada masalah-masalah hukum dalam pengerjaan proyek fisik, kita lebih cerewet kepada kontraktor pelaksana dan konsultan pengawas,” tegasnya.

Dalam kesempatan itu, Konsultan pengawas dari CV Logis Sakti Konsultan, Atim Widodo menjelaskan, proyek saluran drainase yang dikerjakan PT Cengkrama Membangun Bersama sepanjang 750 meter dari kawasan Jembatan Zurich sampai perbatasan SPBU dan Rutan.

“Ada dua tipe, kalau tipe 1 itu 60 x 100 cm, kemudian tipe 2 dari seberang BSB ke SPBU dimensinya 80 x 120 cm. Target selesai 31 Desember 2019,” bebernya.

Terkait dengan cuaca pihaknya menambahkan telah mengambil langkah antisipasi sehingga cuaca tidak menjadi alasan keterlambatan penyelesaian proyek.

“Agar tepat waktu, kami tambah pekerja dan menambah jam kerja,” tutupnya.

Lihat juga...
error: Terimakasih Sudah Berkunjung !!