hut

10 Muharram, Momentum Berbagi Dengan Anak Yatim di Lampung Selatan

Editor: Mahadeva

LAMPUNG – Momentum 10 Muharram dimanfaatkan Komunitas Sahabat Ceria berbagi dengan anak yatim piatu dan para lanjut susia (Lansia) di Lampung Selatan.

Danang Marhaens, Ketua Komunitas Sahabat Ceria menyebut, berbagi dilakukan sebagai bagian dari upaya mengispirasi dan mengedukasi rasa kemanusiaan. Sesuai tradisi, 10 Muharram dirayakan sebagai waktu untuk membahagiakan anak yatim.

Anak yang sudah tidak memiliki ayah, ibu dan lansia yang tidak memiliki kerabat, mendapat santunan dalam kegiatan tersebut. Tradisi positif yang masih dipertahankan tersebut, dimanfaatkan untuk mengedukasi makna peringatan 10 Asyura, yang berada di Bulan Muharram yang merupakan bulan istimewa.

“Sesuai dengan misi Komunitas Sahabat Ceria, peduli pada sesame, Bertepatan dengan tradisi muslim dengan menyantuni anak yatim, piatu dan lansia, seperti yang dianjurkan,” terang Danang Marhaens kepada Cendana News, Selasa (10/9/2019).

Retno Sri Darwati,ketua kampung dongeng Indonesia Lampung Selatan – Foto Henk Widi

Dalam acara tersebut, anak yatim, piatu yang ada di Desa Sukamulya mendapatkan cerita motivasi, dari pegiat literasi Motor Perahu Pustaka, Ardyanto. Motivasi yang diberikan kepada anak-anak SD dan SMP tersebut menjadi contoh positif, karena digambarkan kegiatan menanamkan budaya membaca. Kegiatan juga diisi dengan mendongeng, dengan menghadirkan pendongeng dari Kampung Dongeng Indonesia Lampung Selatan. “Anak-anak sekarang kurang bersosialisasi karena gawai, namun dengan dongeng bisa mengajarkan anak anak untuk peduli kepada teman-temannya,” tutur Danang Marhaens.

Seusai mendengarkan dongeng, puluhan anak tersebut mendapatkan santunan, peralatan sekolah seperti buku tulis, Alquran dan Iqra, serta makanan dan minuman ringan.

Retno Sri Darwati, Ketua Kampung Dongeng Indonesia Lampung Selatan menyebut, edukasi melalui dongeng adalah cara bagus. “Kegiatan mendongeng bertujuan mengedukasi dan menasehati tanpa merasa anak dinasehati, sehingga disukai anak anak,” tuturnya.

Lihat juga...
error: Terimakasih Sudah Berkunjung !!