Akibat Asap, Penumpang Menumpuk di Bandara Sepinggan

Editor: Koko Triarko

BALIKPAPAN – Kabut asap pekat yang menaungi sebagian besar langit Kalimantan, menyebabkan penundaan dan pengalihan penerbangan. Akibatnya, ratusan penumpang pesawat yang menuju kota-kota di Kalimantan Timur dan Utara, tertahan di Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan.

Ratusan penumpang itu merupakan bagian dari sekitar 1.500 penumpang yang terganggu jadwal penerbangan tunda atau delay, maupun yang dibatalkan, sehingga terpaksa mengembalikan tiket maskapai. Akumulasi itu dihitung sejak Jumat pekan lalu.

Hingga Senin (16/9) petang, penumpang tujuan Samarinda, Tanjung Selor, Berau dan Banjarmasin tak bisa berangkat. Selain masih menunggu jadwal keberangkatan, tak sedikit yang memilih pengembalian pembelian tiket.

“Saya terpaksa minta pengembalian tiket, karena tak ada kepastian pemberangkatan,” kata Sumarno, penumpang tujuan Tanjung Selor, Senin (16/9/2019).

Penumpang Lion Air ini berangkat dari Surabaya dan tiba di Balikpapan sejak Senin, siang. Namun sampai menjelang malam, tak ada kepastian jadwal akibat cuaca buruk.

“Kami seharusnya terbang jam 12, karena kabut asap pesawat tak berani terbang,” ujarnya.

Lihat juga...