hut

Angin Kencang Sebabkan Pelayaran dari Kepulauan Talaud Tertunda

MANADO — Transportasi kapal laut dari Kabupaten Kepulauan Talaud, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) ditunda perjalanannya karena kondisi angin kencang yang masih melanda wilayah tersebut.

“Kapal yang dari Pelabuhan Melonguane, Talaud masih belum diizinkan melakukan pelayaran,” sebut Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Manado, Stanislaus W Wetik di Manado, Jumat (13/9/2019).

Angin kencang yang bertiup di wilayah perairan Kabupaten Kepulauan Talaud tersebut menyebabkan ketinggian gelombang yang mencapai beberapa meter.

“Kami terus berkoordinasi dengan BMKG terkait dengan kondisi terkini cuaca, angin kencang ataupun tinggi gelombang. Apalagi ketiga hal tersebut sangat berpengaruh terhadap keselamatan pelayaran,” ujarnya.

KSOP Manado, lanjut dia, akan menunda pelayaran apabila dari informasi BMKG terjadi ketinggian gelombang yang cukup ekstrem yang membahayakan pelayaran antarpulau.

Saat ini, lanjut dia, pelayaran dari Manado menuju Tahuna (Kabupaten Kepulauan Sangihe), Tahuna-Manado masih normal.

Stanislaus berharap, masyarakat yang beraktivitas menggunakan kapal dengan ukuran kecil tetap memperhatikan ketinggian gelombang agar terhindar dari bahaya.

“Tetaplah waspada, kami juga terus berkoordinasi dengan operator kapal menggunakan alat komunikasi untuk memastikan pelayaran berlangsung aman,” ujarnya. [Ant]

Lihat juga...