hut

Atasi Karhutla, Umat Islam di Balikpapan Gelar Doa Bersama

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

BALIKPAPAN – Kabut asap dan kekeringan yang melanda Kota Balikpapan terus diatasi dengan berbagai upaya diantaranya bagi masker mencegah dampak kesehatan  kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

Bukan hanya upaya tersebut, ratusan umat Islam di Balikpapan juga menggelar doa bersama agar terhindar dari bencana dan diturunkan hujan untuk mengatasi kekeringan.

Doa bersama dipimpin langsung oleh KH Anwar Zuhri diikuti Wali Kota Rizal Effendi bersama Muspida, Organisasi Perangkat Daerah dan masyarakat di Masjid At-Taqwa, Jumat (20/9/2019).

“Doa bersama yang digelar ini harapannya agar bencana alam kebakaran hutan dan lahan segera selesai. Semoga kita dijauhkan bala bencana dan diturunkan hujan mengingat dalam sebulan lebih kota mengalami kekeringan yang berdampak pada krisis air,” kata Rizal Effendi.

Dalam doa bersama, juga mengajak umat muslim di Balikpapan lainnya untuk melakukan hal yang sama.

Selain itu, pihak Kepolisian Balikpapan juga telah menindak tegas pembakaran lahan di Balikpapan. “Asap yang terjadi ini pastinya sangat berpengaruh pada kesehatan,  sangat besar sekali.  Maka kita imbau untuk anak-anak khususnya kurangi aktivitas di luar rumah sampai kabut asap tak ada lagi,” tandasnya.

Menurut Rizal Effendi, kabut asap di Balikpapan merupakan asap kiriman daerah lain. Berdasarkan laporan BMKG musim hujan akan turun pertengahan Oktober mendatang.

“Kami juga imbau untuk melakukan penghematan penggunaan air karena kapasitas pasokan air bersih di waduk cukup 3 bulan saja jika tidak turun hujan. Kalau tak hujan maka penggiliran pemakaian air mulai dilakukan,” imbaunya.

KH Anwar Zuhri mengatakan, doa bersama ini diharapkan bisa mengetuk hati manusia yang melakukan perbuatan buruk dengan merusak alam dan lingkungan dengan cara membakar lahan dan hutan.

“Semoga ini bisa menghentikan perbuatannya. Mari perbanyak istigfar mohon ampun dan berdoa kepada Allah SWT agar kabut asap teratasi dengan menurunkan hujan. Kabut asap semoga akan terhenti dengan sendirinya sehingga udara kembali sehat,” ujarnya.

Lihat juga...