hut

Bakamla Uji Coba Kapal Patroli KN Pulau Nipah-321

BATAM – Kepala Bakamla RI (Indonesian Coast Guard /IDNCG), Laksdya Bakamla A. Taufiq R., memimpin uji coba (sea trial) kapal patroli baru, KN Pulau Nipah-321, di wilayah perairan Batam, Kamis (5/9). KN Pulau Nipah 321 yang meerupakan karya anak bangsa, dikomandani Letkol Bakamla Andris Benhard M. Simaremare, M.Tr.Hanla., bertolak dari dermaga galangan penyedia untuk melakukan sea trial.

Kasubbag Humas, Letkol Bakamla Mardiono, dalam keterangan tertulis yang diterima Cendana News, Jumat (6/9/2019), menyebutkan, uji coba dilakukan untuk mengecek kesiapan dan kelayakan kapal patroli Bakamla RI dengan panjang 80 meter tersebut.

Nantinya, KN Pulau Nipah-321 akan melengkapi kekuatan Bakamla RI dalam mengemban tugas patroli keamanan dan keselamatan di wilayah perairan Indonesia dan wilayah yurisdiksi Indonesia.

Kepala Bakamla RI, Kepala Biro Sarpras Laksma Bakamla Amrein, Kepala kantor Zona Maritim Barat, Laksma Bakamla Eko Murwanto, Kabag Distribusi dan Pemeliharaan Sarpras Kolonel Bakamla, Heri Kustono, Staf TU Kepala Bakamla Mayor Bakamla, Lisa, dan Direktur Utama PT. Citra Shipyard, Mr.Jovan, saat uji coba KN Pulau Nipah-321 di perarian Batam, Kepulauan Riau, Kamis (5/9/2019). –Foto: Kasubbag Humas Letkol Bakamla Mardiono

Dijelaskan, dalam uji coba selama empat jam itu dilakukan pengecekan performa mesin dan steering gear. Juga pengujian alat navigasi, nautis (nautical test), yang meliputi percobaan kecepatan dan maneuvering seperti turning circle test, zig-zag test, spiral test, olah gerak menghindar test, putaran Williamson test, jarak henti, mundur penuh dan auto pilot test yang disesuaikan dengan syarat klas uji dari Registro Italiano Navale (RINA) dan Dinas Kelaikan Material Angkatan Laut (Dislaikmatal).

Di sela  pelaksanaan sea trial itu, juga dilaksanakan latihan peran orang jatuh di laut.

Sehari sebelumnya, sea trial juga telah dilakukan oleh Dislaikmatal, dengan pengujian vibrasi engine, diesel generator, uji water Canon, uji emergency steering, manuver kapal dan uji perlengkapan kapal, yaitu sekoci.

Kapal Patroli KN Pulau Nipah-321 berspesifikasi panjang 80 meter, lebar 7.90 meter, tinggi 14.4 meter, kecepatan hingga 22 knot dan memiliki mesin penggerak 2 unit MAN/2862LE433. Konstruksi kapal baru ini terbuat dari baja. Kapal diawaki 34 ABK Bakamla RI, yang telah lulus dari pelatihan pendidikan militer di Batalyon 10 Marinir Setokok Batam.

Dalam kegiatan sea trial KN Pulau Nipah 321, ini turut mendampingi Kepala Bakamla RI, Kepala Biro Sarpras Laksma Bakamla Amrein, Kepala kantor Zona Maritim Barat, Laksma Bakamla Eko Murwanto, Kabag Distribusi dan Pemeliharaan Sarpras Kolonel Bakamla, Heri Kustono, Staf TU Kepala Bakamla Mayor Bakamla, Lisa, dan Direktur Utama PT. Citra Shipyard, Mr.Jovan. (Ist)

Lihat juga...