Bantu Tangani Karhutla, DKI Kirim 65 Relawan ke Riau

Editor: Mahadeva

JAKARTA – DKI Jakarta memberangkatkan 65 orang relawan, yang tergabung dalam unit Satuan Tugas (Satgas) terpadu. Relawan tersebut akan membantu menanggulangi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Riau dan Kalimantan. 

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, menyebut, pengiriman relawan sebagai wujud kepedulian masyarakat Jakarta, atas musibah kebakaran di Sumatera maupun Kalimantan. “Terima tanggung jawab sebagai kehormatan, mendapat kehormatan mewakili Ibu Kota memadamkan api, menyelamatkan anak-anak, orang tua dari asap,” kata Anies, dalam acara pemberankatan relawan di Silang Monas, Jakarta Pusat, Selasa (17/9/2019).

Tim pertama relawan, akan diberangkatkan menuju Riau. Tim tersebut akan mengikuti arahan dari BNPB di lokasi.”Ini tim pertama yang kita berangkatkan, tapi kita siap mengirim lebih banyak (satgas), karena secara kesiapan, kita siap untuk bertugas di sana,” tandas Anies.

Satgas penanganan karhutla dari Ibu Kota, selain harus ikut membantu memadamkan kebakaran di Riau dan Kalimantan. Mereka juga harus menyelamatkan anak-anak dari bencana tersebut. “Saya tegaskan saudara-saudara berangkat ke sana jangan dipandang pengorbanan. Jangan merasa berangkat sebuah beban. Terima tanggung jawab sebagai kehormatan, mendapat kehormatan mewakili ibu kota, memdamkan api, menyelamatkan anak-anak, orang tua dari asap,” tandas Anies.

Penugasan gelombang pertama, akan dilaksanakan selama 10 hari. Jika nantinya akan diperpanjang, maka akan dikirim tim gelombang berikutnya, sesuai kebutuhan termasuk ke wilayah lain seperti Kalimantan dan Jambi.

Kepala Dinas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta, Subejo, mengatakan, 65 relawan berasal berbagai macam instansi. Petugas yang dikirim berasal dari Dinas Penaggulangan Kebakaran dan Penyelamatan sebanyak 25 orang, Dinas Kesehatan sebanyak 10 orang. BPBD sebanyak lima orang, Dinas Sosial sebanyak 10 orang, tim relawan Jakarta sebanyak 10 orang, serta tim pendukung sebanyak 5 orang. Tim akan membuat dua posko.

Lihat juga...