hut

BKKBN Sulut Perkuat Kapasitas Pengelola Bina Ketahanan Remaja

MANADO  – Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Perwakilan Sulawesi Utara (Sulut) memperkuat kapasitas pengelola program bina ketahanan remaja pada era digital saat ini.

“Remaja mempunyai peran strategis dalam pelaksanaan program Kependudukan, Keluarga Berencana, dan Pembangunan Keluarga (KKBPK),” kata Kepala BKKBN Perwakilan Sulut, Sugiyatna, melalui Pelaksana Harian, Jacky Sambuaga, saat membuka kegiatan tersebut di Manado, Jumat.

Program KKBPK diharapkan dapat membangun keluarga melalui ekonomi produktif dan pelaksanaan fungsi keluarga.

Fungsi keluarga, kata dia, mencakup fungsi agama, sosial budaya, cinta dan kasih sayang, perlindungan, reproduksi, pendidikan, ekonomi, dan pelestarian lingkungan.

“Era digital telah membawa perubahan dan tantangan dalam pelaksanaan program KKBPK terutama yang terkait generasi X dan milenial,” katanya.

Dari sisi perilaku dan budaya, kata dia, kedua generasi tersebut berbeda dengan generasi sebelumnya.

“Platform dan gaya komunikasi yang mereka gunakan juga berbeda,” katanya.

Oleh karena itu, kata dia, perubahan tersebut harus direspon secara strategis oleh BKKBN agar investasi program KKBPK yang sudah ada tersebut bisa optimal.

“Program pembinaan ketahanan remaja sangat diperlukan karena kondisi saat ini bukan tanpa tantangan,” ujarnya.

Oleh karena itu, BKKBN terus meningkatkan kompetensi pengelola program agar memiliki kapasitas sebagai “digital leadership” ketika melaksanakan program tersebut pada era digital. (Ant)

Lihat juga...