BPOM Ajak Masyarakat “Cek Klik” Sebelum Belanja Makanan

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

BALIKPAPAN – Menyambut Indonesia Emas, Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) mengajak masyarakat untuk lebih cerdas dalam berbelanja melalui program Cek Klik.

Program cek klik sendiri adalah lihat lebih teliti produk makanan dan obat yang akan dibelli dari kemasan, label, izin edar dan kedaluwarsanya. Yang artinya konsumen harus mengecek semuanya sebelum barang belanjaannya dibeli.

“Mengajak ke masyarakat bahwa sebelum belanja cek kemasan, cek label dia harus memastikan kemasannya, dan memastikan izin edarnya. Ini bukan aplikasi, masing-masing konsumen untuk melakukan cek klik. Kalau yang aplikasi ini melihat izin edarnya agar konsumen bisa melihat dengan pasti,”  jelas Leonard Duma selaku Kepala BPOM di Samarinda, dalam Kampanye Cek Klik pada salah satu pusat perbelanjaan ritel di Balikpapan, Sabtu  (7/9/2019) sore.

Kepala BPOM di Samarinda Leonard Duma, menjelaskan pentingnya ketelitian sebelum berbelanja, Sabtu (7/9/2019) – Foto: Ferry Cahyanti

Ia menjelaskan alasan adanya cek klik ini agar konsumen lebih melindungi diri saat berbelanja dengan melihat produk dari kemasannya hingga kedaluwarsanya.

“Dari kemasan harus dalam kondisi baik, labelnya baca informasinya tercantum tidak, pastikan izin edarnya dan masa kedaluwarsanya produk yang akan dibeli,” katanya. BPOM di Samarinda sendiri memiliki wilayah kerja di Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara.

Disebutkannya dengan kampanye tersebut dapat mencegah temuan pangan yang kedaluwarsa. “Kita sering sekali mendapatkan temuan pangan yang kedaluwarsa. Sehingga masyarakat harus lebih teliti dalam membeli belanjaannya,” tukas Leonard Duma.

Setelah program ini diluncurkan, pihaknya akan gencar mengkampanyekannya dengan kerja sama Asosiasi Pengusaha Ritel (Aprindo).

“Kita harapkan anggota Aprindo juga turut mengkampanyekannya. Tetapi ini tidak memaksa karena ini sifatnya sukarela sehingga tidak ada sanksi. Kita hanya imbau, mau melaksanakan cek klik,” imbaunya.

Di tempat yang sama, Wali Kota Balikpapan, Rizal Effendi, mengungkapkan, cek klik sangat baik untuk mewujudkan masyarakat Indonesia sehat sekaligus menyambut Indonesia emas.

“Cek klik ini sangat baik mewujudkan masyarakat Indonesia sehat dalam mengkonsumsi makanan dan obat. Sekarang kita juga menyambut Indonesia emas,” bilang Rizal Effendi.

Pihaknya juga usul nanti bisa mengajak anak sekolah. “Karena pendidikan ini penting untuk ke anak-anak. Apalagi anak-anak bisa mengingatkan orang tua saat berbelanja. Nanti kita bikin duta-duta cek klik,” ujarnya.

Menanggapi hal itu, Ketua Aprindo Kaltim, Gatot Teguh Januar, mengatakan program tersebut sebuah terobosan yang bagus karena edukasi yang lebih cerdas dengan mengikuti bisnis ritel di Indonesia.

“Kalau dari Aprindo kami merasa ini sebuah terobosan bagus, merupakan edukasi lebih cerdas mengikuti bisnis ritel di Indonesia,” tambahnya.

Untuk itu pihaknya menyambut baik kampanye cek klik tersebut. Dengan adanya program ini membuat ritel lebih baik lagi.

“Ritel harus lebih konsisten dari kemasan, expired dan lain-lain. Kami merasa bahwa ini menyatukan frekuensi antara pemerintah, pengusaha dan masyarakat,” tutupnya.

Lihat juga...