hut

Cilongok Akan Jadi Sentra Budi Daya Melon Golden Mekarsari

Editor: Koko Triarko

BANYUMAS – Kesegaran buah Melon Golden dari Taman Buah Mekarsari, dalam waktu dekat sudah bisa dinikmati di Kabupaten Banyumas. Kebun melon jenis super ini, akan terhampar di Desa Cilongok, Kecamatan Cilongok, Kabupaten Banyumas, mulai November mendatang.

“Green house Melon Golden dan green house cabai japlak akan dibuka seluas 330 meter persegi. Lokasinya berdekatan dengan pabrik pengolahan gula kelapa dan tapioka. Di lokasi tersebut, nantinya juga akan dilengkapi kolam lele dan peternakan ayam jawa super atau ayam joper,” kata Ketua Koperasi Utama Sejahtera Mandiri, Riyan Hidayat, Senin (30/9/2019).

Terkait green house Melon Golden ini, Riyan menjelaskan, sebagai awal, pihaknya akan mendapat bantuan bibit Melon Golden Mekarsari dari Yayasan Damandiri sebanyak 500 pohon. Selain itu, pihak yayasan juga akan melakukan pendampingan dengan mengirimkan ahli tanaman Melon Golden dari Universitas Trilogi Jakarta.

Ketua Koperasi Utama Sejahtera Mandiri, Riyan Hidayat. -Foto: Hermiana E. Effendi

Selanjutnya, Koperasi Utama Sejahtera Mandiri menyiapkan 16 petani lokal untuk mengikuti pelatihan budi daya Melon Golden. Para petani ini juga yang nantinya akan mengerjakan kebun melon di Cilongok tersebut.

“Dari pemaparan kemarin saat rapat koordinasi di Trilogi, untuk 500 tanaman Melon Golden, pada panen perdana akan diperoleh sekitar 700 butir buah melon, dengan berat antara 1-1,5 kilogram per butir,” jelas Riyan.

Dipilihnya melon jenis golden ini, lanjutnya, karena di wilayah Banyumas belum ada petaninya. Kemudian, melon dari Taman Buah Mekarsari tersebut juga mempunyai kualitas unggul, dan harganya jauh lebih mahal dari melon biasa. Sehingga, jika para petani di Cilongok banyak yang menanam Melon Golden, maka penghasilan mereka juga akan naik.

Menurut Riyan, pada proses selanjutnya, setelah green house Melon Golden berjalan, para petani di Cilongok dan sekitarnya yang ingin menanam Melon Golden, akan diberikan bantuan bibit dari green house. Mereka juga akan diberi pelatihan budi daya Melon Golden oleh 16 orang petani yang sebelumnya sudah mendapat pelatihan dari Universitas Trilogi.

Harga satu kilogram Melon Golden sekitar Rp20.000 hingga Rp22.000. Sementara untuk melon biasa, harganya hanya Rp10.000 hingga Rp12.000 per kilogram. Masa panen Melon Golden sekitar tiga bulan, dan paling cepat bisa dua bulan sudah panen.

“Untuk green house cabai, modelnya juga serupa dengan Melon Golden. Semua hasil panen melon maupun cabai, nantinya akan dibeli oleh PT yang berada di bawah Yayasan Damandiri,” tuturnya.

Demplot yang di dalamnya ada pabrik pengolahan gula kelapa dan tepung tapioka, maupun green house Melon Golden dan cabai tersebut, merupakan bukti nyata kiprah yayasan yang didirikan Presiden ke-2 RI, HM Soeharto untuk meningkatkan kesejahteraan para petani serta masyarakat sekitar.

Lihat juga...