hut

Desa Cerdas Mandiri Lestari Tamanmartani Giat Mempercantik Sungai Opak

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

YOGYAKARTA – Sejumlah anak-anak SD tampak asyik bermain dan berenang di Sungai Opak,  Dusun Dalem, Tamanmartani, Kalasan, Sleman. Mereka begitu riang berenang di bawah  jembatan gantung yang menghubungkan satu sisi sungai ke sisi lainnya.

Di sepanjang tepian sungai itu, batu-batu kali  menghampar alami menghiasi panggung seni pertunjukan yang terletak tepat di bantaran sungai. Suasana kawasan tepi sungai itu begitu asri dengan rindang pepohonan. Tepat di bawahnya berdiri warung-warung makan dengan menu khas ikan lokal seperti wader, udang kali, dan sebagainya.

Itulah gambaran suasana tempat wisata ‘Kali Opak 7 Bulan’ yang dikembangkan Koperasi Tamanmartani Sejahtera di Desa Cerdas Mandiri Lestari Tamanmartani, Kalasan, Sleman sejak 2018 lalu. Bersama warga dusun setempat, Koperasi Tamanmartani Sejahtera, berupaya mengembangkan potensi alam desa mereka untuk meningkatkan kesejahteraan warga.

kepala Dusun Dalem, Desa Cerdas Mandiri Lestari, Tamanmartani, Kalasan, Sleman, Muslih, saat menemui Cendana News, Minggu (15/9/2019) – Foto: Jatmika H Kusmargana

“Kita berupaya memaksimalkan potensi wisata yang ada di dusun ini. Kebetulan di dusun Dalem ini terdapat tempuran 7 sungai yang menjadi satu ke Kali Opak. Lalu kita kelola dengan menambahkan sejumlah fasilitas, dengan nama ‘Kali Opak 7 Bulan,” ungkap kepala Dusun Dalem, Muslih, Minggu (15/9/2019).

Muslih menjelaskan, ‘Kali Opak 7 Bulan’ menawarkan wisata alam, yang dipadukan dengan wisata keluarga, serta wisata edukasi. Selain bisa menikmati suasana pedesaan di tepi sungai yang alami, pengunjung juga bisa bermain-main air di kolam yang disediakan.

“Selain susur sungai, di sini juga kita sediakan permainan rock painting atau melukis batu serta rock balancing atau menata batu secara vertikal. Termasuk juga permainan outbound,” ungkapnya.

Menempati lahan seluas kurang lebih 2 hektar, warga membangun tempat wisata ‘Kali Opak 7 Bulan’ ini secara swadaya. Mulai dari membangun jembatan gantung, panggung pertunjukan, instalasi seni dan foto selfie, toilet, pendapa pertemuan, hingga warung-warung makan.

Upaya mempercantik kawasan Desa Cerdas Mandiri Lestari Tamanmartani dengan pembuatan warung makan dan lainnya, Minggu (15/9/2019) – Foto: Jatmika H Kusmargana

“Kita juga rutin menggelar sejumlah event kegiatan seperti lomba mewarnai, lomba melukis dan sebagainya. Ini lebih kepada upaya promosi agar semakin banyak pengunjung yang mengenal dan mengunjungi tempat wisata ini,” katanya.

Berkat keseriusan warga itu, kini tempat wisata ‘Kali Opak 7 Bulan’ mulai ramai dikunjungi wisatawan. Setiap akhir pekan tercatat 300-an pengunjung mendatangi tempat ini. Bahkan pemerintah desa  akan ikut mengembangkan lokasi wisata baru ini dengan menggelontorkan dana mencapai Rp100 juta.

“Sejauh ini kita sudah menggelontorkan dana senilai Rp200 juta untuk mengembangkan kawasan ini. Semua dari swadaya masyarakat, termasuk membangun jembatan gantung. Rencananya ke depan kita masih akan membangun musala. Mudah-mudahan rencana bantuan dari pemerintah desa lewat BUMDes segera terealisasi. Karena sejauh ini kita belum menarik tiket masuk kecuali parkir,” ujarnya.

Dengan kolaborasi program Desa Cerdas Mandiri Lestari yang diprakarsai Yayasan Damandiri, keberadaan tempat wisata ‘Kali Opak 7 Bulan’ ini diharapkan akan semakin mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat di desa Tamanmartani.

Yakni  disinergikan dengan sejumlah program yang sudah ada sebelumnya seperti homestay maupun warung kafe rakyat Damandiri.

Lihat juga...