hut

Difasilitasi Yayasan Damandiri, Kelompok Ternak Ngudi Rejeki Olah Kotoran Sapi Menjadi Pupuk Organik

Editor: Mahadeva

YOGYAKARTA – Kelompok Ternak Ngudi Rejeki, sebagai pengelola usaha demplot ternak sapi yang digagas Yayasan Damandiri di Desa Cerdas Mandiri Lestari Argomulyo, berencana mengolah limbah kotoran sapi menjadi produk pupuk kandang organik. 

Selain untuk menjaga kondisi lingkungan tetap lebih bersih. Produk pupuk kandang organik tersebut direncanakan akan dijual, agar bisa memberikan tambahan penghasilan bagi warga masyarakat, khususnya anggota kelompok.

Ketua Kelompok Ternak Ngudi Rejeki, Rakimin, mengatakan, pihaknya saat ini telah menerima bantuan mesin pengolah kotoran sapi dari Yayasan Damandiri. Namun hingga saat ini, mesin tersebut belum dimanfaatkan karena masih terkendala sejumlah masalah.  Salah satu yang mengganjal adalah, belum adanya tempat dan tenaga pengelolanya. “Yayasan Damandiri sebenarnya sudah memberikan bantuan mesin penggiling kotoran sapi. Namun belum kita fungsikan karena tempat dan tenaganya belum ada,” tandasnya.

Ketua Kelompok Ternak Ngudi Rejeki, Rakimin, Foto: Jatmika H Kusmargana

Rakimin mengatakan, kotoran sapi yang dihasilkan Kelompok Ternak Ngudi Rejeki masih dimanfaatkan sebatas untuk keperluan pribadi masing-masing anggota. Setiap peternak mengolah kotoran sapi yang dihasilkan untuk memupuk sawah mereka.  “Karena mayoritas peternak disini memiliki lahan garapan masing-masing. Jadi sementara ini, pupuk masih sebatas digunakan untuk keperluan peternak bersangkutan,” jelasnya.

Ke depan, seiring semakin bertambahnya jumlah anggota dan ternak sapi yang dipelihara, diharapkan sisa kotoran sapi yang tidak terpakai dapat diolah menjadi pupuk organik. Nilai jual pupuk organik dari limbah kotoran sapi cukup tinggi.  “Untuk tempatnya sudah kita siapkan. Ada di belakang kandang kelompok. Tanah ini milik kas desa. Cukup luas sehingga bisa dimanfaatkan untuk tambahan kandang maupun tempat pengolahan pupuk,” tandasnya.

Yayasan Damandiri, melalui KUD Sahabat Damandiri Sejahtera Argomulyo, memberikan modal usaha sebanyak 15 ekor indukan sapi pada peternak di Dusun Kaliberot. Melalui program Desa Cerdas Mandiri Lestari itu diharapkan mampu meningkatkan penghasilan dan kesejahteraan warga Desa Argomulyo.

Lihat juga...