Distan Mukomuko Beri Bantuan Insektisida

MUKOMUKO – Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, memberikan bantuan insektisida untuk menanggulangi hama wereng dan ulat yang merusak tanaman padi milik kelompok tani di daerah ini.

“Kami memberikan bantuan insektisida 17 liter untuk menanggulangi hama yang merusak tanam padi milik dua kelompok tani di daerah ini,” kata Kasi Proteksi Tanaman Pangan dan Hortukultura Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko, Wal Asri, dalam keterangannya di Mukomuko, Sabtu (14/9/2019).

Pemerintah setempat melalui Dinas Pertanian menerima proposal permohonan bantuan insektisida untuk menanggulangi hama wereng dan ulat yang merusak tanaman padi dari dua kelompok tani di Kecamatan Penarik, dan satuan pemukiman (SP) VII Desa Rawa Mulya.

Dinas Pertanian setempat memberikan 12 liter insektisida kepada kelompok tani Multi Sari SP VII Desa Rawa Mulya, dan lima liter insektisida kepada kelompok tani Maju Makmur, Kecamatan Penarik.

“Instansi ini memberikan bantuan insektisida kepada kelompok tani ini untuk mencegah jangan sampai hama wereng dan ulat merusak tanaman padi milik kelompok tani ini dan tanaman padi milik kelompok lain,” katanya.

Selanjutnya, ia mengatakan, kelompok tani ini secara swadaya menggunakan racun bantuan pemerintah tersebut untuk mengatasi hama tikus dan keong mas yang merusak tanaman padinya.

Ketua Kelompok Tani Multi Sari, Yasak, dalam keterangannya mengatakan hampir sebagian dari 12 hektare tanaman padi milik anggota kelompok taninya diserang hama wereng dan ulat.

Ia mengatakan, pihaknya mengusulkan bantuan insektisida kepada Dinas Pertanian setempat, untuk mencegah hama wereng dan ulat itu merusak seluruh tanaman padi milik anggota kelompok taninya.

“Sebagian tanaman padi milik anggota kelompok tani kami sudah diserang hama. Kami meminta bantuan pemerintah untuk menanggulanginya dan mencegah hama yang telah menyerang sebagian tanaman padi tersebut merusak seluruh tanaman padi milik kelompok tani ini,” ujarnya. (Ant)

Lihat juga...