hut

Dongeng Miliki Peran Edukatif Bagi Anak Usia Dini

Redaktur: ME. Bijo Dirajo

LAMPUNG — Kegiatan mendongeng miliki peran edukatif bagi anak usia dini. Nilai nilai kebaikan yang ditanamkan terus menerus dapat merangsang sisi imajinatif anak.

Retno Sri Darwati, ketua Kampung Dongeng Indonesia Lampung Selatan. Foto: Henk Widi

“Mendongeng bertujuan mengedukasi dan menasehati anak anak usia dini dengan cara yang lebih menarik,” terang Retno Sri Darwati, ketua Kampung Dongeng Indonesia Lampung Selatan (Lamsel) kepada Cendana News, Kamis (12/9/2019).

Bunda Retno mengatakan, dongeng dapat berperan penting dalam mengembangkan karakter anak. Pada sejumlah cerita yang disampaikan juga dapat mengenalkan anak anak akan nilai nilai positif karakter tokoh. Nilai nilai edukatif bagi anak usia dini menurutnya bisa disampaikan bagi anak anak yang belum bisa membaca, menulis.

Bunda Retno menyebut selama ini dongeng kerap disukai anak anak dalam memahami sebuah buku. Sebab ketika anak anak belum bisa membaca, rasa keingintahuan anak saat diceritakan merangsang keinginan untuk mencintai buku.

“Saat dongeng disampaikan, anak usia dini akan mencoba untuk mengingat yang diceritakan dengan melihat karakter yang meski dalam bentuk gambar, anak bisa mengisahkan kembali dengan kreatifitas yang dimiliki,” terang Retno Sri Darwati

Edukasi yang positif menurut bunda Retno menjadi salah satu bentuk pendampingan. Keberadaan Kampung Dongeng Indonesia kini mulai ada di seluruh Indonesia. Bekerjasama dengan sejumlah lembaga pendidikan, juga memberikan pelatihan cara mendongeng kepada sejumlah generasi muda.

“Semangat kampung dongeng adalah satu pesan cerita hebatkan anak Indonesia terutama mengedukasi anak anak,” terangnya.

Danang Marhaens, ketua Komunitas Sahabat Ceria Desa Sukamulya, Kecamatan Palas mengaku edukasi melalui dongeng sangat penting. Bagi anak anak di pedesaan yang membutuhkan buku bacaan ia menyediakan sejumlah buku dongeng bergambar. Sebab lebih mudah dipahami oleh anak anak.

Komunitas sahabat ceria yang menyediakan buku buku bacaan diakuinya terus menambah koleksi. Buku bacaan yang disediakan menurutnya berasal dari membeli hasil gajinya sebagai honorer di kecamatan. Selain itu buku bacaan yang dikoleksi merupakan bantuan dari sejumlah donatur untuk menumbuhkan budaya membaca.

Lihat juga...