hut

Festival Indonesia di Ukraina Diharap Perkuat Bisnis dan Budaya

JAKARTA – Dubes RI untuk Ukraina, Prof. Dr. Yuddy Chrisnandi, mengatakan, Festival Indonesia 2019 yang diadakan di sebuah pusat perbelanjaan terbesar di Kyiv, ibu kota Ukraina, diharapkan mampu meningkatkan hubungan bisnis dan budaya antarkedua negara. 

Ia juga mengatakan, bahwa Festival Indonesia 2019 merupakan sumbangsih KBRI Kyiv bagi masyarakat Ukraina, agar dapat melihat dari dekat keragaman budaya Indonesia. Festival Indonesia dipersembahkan kepada masyarakat Ukraina, yang memiliki sosio kultur mirip dengan Indonesia.

“Festival Indonesia ini merupakan bagian dari serangkaian kegiatan peringatan ke-74 Kemerdekaan RI yang digelar KBRI Kyiv,“ demikian Prof. Dr. Yuddy Chrisnandi, dalam rilis yang diterima Cendana News, Selasa (10/9/2019).

Dubes RI untuk Ukraina, Yuddy Chrisnandi, menyerahkan hadiah kepada pengunjung yang bisa menjawab dengan benar pertanyaan-pertanyaan tentang Indonesia yang diajukan oleh MC, Yulia, mahasiswi S2 jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Taras Shevchenko, pada acara Festival Indonesia pada 6-7 September 2019. -Foto: Ist.

Festival Indonesia 2019 di ibu kota Ukraina, digelar pada 6 – 7 September 2019. Selama dua hari berturut-turut, masyarakat Kyiv dan sekitarnya, pengunjung mall terbesar di ibu kota ini, dibuat kagum dengan pemandangan eksotis yang tidak biasa mereka temukan, yaitu keragaman budaya sebuah negeri (Indonesia), yang jaraknya ribuan kilometer.

Menurut Ketua Pelaksanan Kegiatan yang juga Pejabat Fungsi Penerangan dan Sosial Budaya (Pensosbud), Gatot A. Djemirin, Festival Indonesia kali ini mempromosikan budaya sekaligus makanan tradisional Nusantara, agar makin terkenal di Ukraina.

Melalui Festival Indonesia, masyarakat Ukraina bisa melihat dan merasakan langsung budaya dan masakan Indonesia.

Festival  tahunan ini selalu diramaikan oleh pagelaran tari dan fashion show oleh para mahasiswi Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Nasional Taras Shevchenko. Kali ini, tampil juga beberapa gadis Ukraina yang mahir membawakan tarian Indonesia, seperti Maryna Kirilchuk, yang membawakan tari Bajidor Kahot, Viktoria, Diana dan Marta-Maria membawakan tarian Bali seperti Pendet.

Pengunjung mencicipi sajian jajanan Indonesia di arena Festival Indonesia di Lavina Mall, Kyiv, Ukraina, pada 6-7 September 2019. -Foto: Ist.

Hajatan ini sukses mengundang decak kagum pengunjung. Terlebih, acara diramaikan dengan parade busana tradisional Indonesia yang menampilkan busana batik Tanah Air, sajian penganan lokal Indonesia hingga door prize.

Beberapa perusahaan Indonesia yang bergerak di bidang agrikultur dan ekspor/impor serta jasa layanan pariwisata, turut dalam acara ini.

Ada pun rangkaian kegiatan lain dalam Festival Indonesia 2019 ini, antara lain pameran foto resepsi diplomatik dan peresmian replika stupa Borobudur. KBRI Kyiv juga mengadakan resepsi diplomatik di Georgia dan Armenia pada 27 dan 29 Agustus, lalu. (Ist)

Lihat juga...
error: Terimakasih Sudah Berkunjung !!