hut

Ganjil Genap Diperluas, Pengguna tranportasi Umum Diklam Melonjak

Editor: Mahadeva

JAKARTA – Pengguna moda Trans Jakarta dan transportasi umum lainnya di Jakarta melonjak tajam. Data Pemprov DKI Jakarta, di hari pertama pemberlakuan perluasan pembatasan kendaraan berdasarkan plat nomor kendaraan, jumlah pengguna angkutan umum tembus hampir satu juta orang.

Uji coba perluasan ganjil genap berakhir pada Jumat (6/9/2019). Dan diberlakukan secara resmi sejak Senin (9/9/2019). Berdasarkan hitungan terbaru, penumpang Transjakarta menembus angka 980 ribu orang penumpang.

“Yang menggunakan TransJakarta itu 892 ribu per-hari kemarin. Artinya, hampir 900 ribu orang menggunakan TransJakarta. Ditambah dengan MRT berarti hampir 1 juta orang menggunakan kendaraan, itu adalah sebuah rekor,” ucap Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, Selasa (10/9/2019).

Menurutnya, tanpa ada masyarakat yang beralih ke transportasi umum, kemacetan di Jakarta tidak akan bisa dikurangi. Dan dengan capaian tersebut, Pemprov DKI Jakarta akan terus mempercepat upaya perluasan jangkauan dari armada angkutan umum.

Meningkatnya jumlah penumpang transportasi publik. Berarti semakin banyak yang meninggalkan kendaraan pribadi. Hal itu diklaim, akan berdampak pada penekanan polusi udara. “Dengan warga menggunakan transportasi umum, setahap demi setahap polusi yang disebabkan oleh emisi kendaraan pribadi bisa menurun,” tandasnya.

Bagi Anies, angka tersebut akan menjadi indikator keberhasilan. Dia berharap, masyarakat Jakarta akan semakin menggemari transportasi umum. Ganjil-genap hanya merupakan salah satu kebijakan, karena tujuan utamanya adalah mendorong publik beralih ke moda transportasi umum.

Anies memyebut, ada masyarakat yang sudah lama tidak menggunakan kendaraan umum. Dia ingin mereka kembali menggunakan kendaraan umum.  “Kita ingin mendorong armada kendaraan umum diperluas, jangkauannya diperluas. Dengan begitu, akan lebih banyak orang merasakan kendaraan umum,” ucap Anies.

Kebijakan ganjil genap diterapkan hingga 26 ruas jalan di seluruh DKI Jakarta. Aturan perluasan ganjil genap berlaku efektif Senin (9/9/2019).

Lihat juga...
error: Terimakasih Sudah Berkunjung !!