hut

Gelar Kejurda di Mekarsari, Jabar Harapkan Bibit Baru Atlet Ski Air

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

BOGOR – Rangkaian kejuaraan daerah (kejurda) Ski Air dan Wakeboard diharapkan dapat menjadi peluang bagi munculnya generasi baru dari cabang olahraga Ski Air dan Wakeboard.

Ketua Panitia Kejurda Ski Air dan Wakeboard Jawa Barat (Jabar), Andri M Febiandi, mengungkapkan, bahwa kejuaraan yang memperebutkan piala gubernur Jawa Barat ini baru pertama kalinya diselenggarakan.

“Ini adalah cara untuk mempersiapkan para atlet, sebagai ajang pelatihan. Dan juga pembibitan generasi baru,” kata Andri usai acara Kejurda Ski Air dan Wakeboard di area Danau Taman Buah Mekarsari, Kamis  (12/9/2019) sore.

Ia mengakui bahwa image dari olahraga Ski Air dan Wakeboard membuat generasi muda tidak terlalu berminat pada olahraga Ski Air dan Wakeboard.

“Kami memang mengutamakan kualitas, karena image bahwa olahraga ini merupakan olahraga mahal memang sedikit membuat partisipasi masyarakat untuk menjadi atlet Ski Air dan Wakeboard itu rendah. Tapi tidak bisa dipungkiri bahwa kuantitas juga dibutuhkan,” ucap Andri.

Pada Kejurda kali ini, Andri menyebutkan ada 10 Pengurus Cabang (Pengcab) yang mengikuti enam kelas yang dipertandingkan, yaitu Trick Putra Putri, Wakeboard Putra Putri dan Wakesurf Putra Putri.

“Kita mempertimbangkan waktu dan biaya penyelenggaraan juga, sehingga hanya enam kelas dengan total peserta 60 orang dari Kabupaten Bogor, Kota Bogor, Kabupaten Purwakarta, Garut, Sumedang, Kabupaten Bekasi, Cimahi, Kabupaten Bandung Barat, Subang dan Kota Bandung,” urai Andri.

Ketua Umum Pengprov PSAWI Jawa Barat, R. Darwin Suratman, ST, M. A. P, AIFO juga menyampaikan harapannya agar melalui Kejurda ini akan lahir bibit baru dari cabang olahraga binaannya ini.

“Saya sangat berterima kasih pada Pemprov Jawa Barat karena pembinaan bisa dilakukan secara berkelanjutan dan berkesinambungan dengan adanya kejuaraan yang memperebutkan piala gubernur ini,” kata Darwin.

Ia menyebutkan bahwa saat ini, Jawa Barat sedang giat mengadakan single event untuk menggalakkan seluruh cabang olahraga.

“Ski Air ini sudah dipertandingkan pada 13 kali PON. Walaupun belum bisa menandingi Jawa Timur, tapi kami akan menyaingi Jakarta. Dengan adanya kegiatan ini, prestasi atlet Jawa Barat akan meningkat,” ujar Darwin.

Dengan mempersiapkan atlet dari Jawa Barat untuk Ski Air dan Wakeboard, maka diharapkan kebutuhan atlet untuk skala nasional pun bisa dipenuhi.

Lihat juga...
error: Terimakasih Sudah Berkunjung !!