hut

Gubernur DKI: Habibie Belum Bisa Berkomunikasi

Editor: Koko Triarko

JAKARTA – Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, menyatakan, kondisi mantan Presiden ke-3 RI, mengalami penurunan kesehatan yang cukup berat. Anies pun meminta kepada semua pihak untuk mendoakan, agar kesehatan BJ. Habibie kembali pulih, dan Allah SWT memberikan yang terbaik untuk mantan pemimpin bangsa Indonesia ini.

“Kondisi kesehatan beliau memang cukup berat dan tim dokter tadi juga menjelaskan. Kita mendoakan semoga Allah menurunkan mukjizatnya, membuat semua ikhtiar manusia menemukan hasilnya. Sehingga Pak Habibie bisa kembali sehat (dan) beraktivitas seperti semula,” ujar Anies, usai menjenguk Bacharuddin Jusuf Habibie, yang tengah menjalani perawatan di Paviliun Kartika, Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subrot, Selasa (10/9/2019) siang.

Anies menjelaskan, kondisi Habibie dalam keadaan dirawat secara intensif. Habibie tidak bisa berkomunikasi saat dia datang menjenguknya.

“Beliau tidak bisa komunikasi, jadi beliau posisinya seperti tidur dalam perawatan di situ dan praktis komunikasi tidak ada,” katanya.

Kendati tak bisa berkomunikasi, Anies yakin Habibie masih bisa mendengar percapakan di sekitar ruangan. Menurut Anies, Habibie masih dalam keadaan sadar.

“Beliau sadar, mendengar tapi tidak berkomunikasi. Karena ada alat-alat juga yang dipasang di situ,” ujar dia.

Menurut Anies, Habibie harus dipasang peralatan kesehatan untuk menstabilkan kondisinya. Sejauh ini, kondisi Habibie belum dapat berkomunikasi.

“Tadi saya bertemu dengan keluarga di sana, ada Mas Ilham. Anak-anak, keluarga, adik-adik, berkumpul di situ semua. Kondisinya memang tim dokter yang bisa menjelaskan secara detail,” ungkapnya.

Para dokter, ujar Anies, tampak seperti keluarga bagi Habibie, sehingga mencairkan suasana di ruang perawatan.

“Jadi ketika Pak Habibie ngobrol dengan para dokter-dokternya, seperti ayah dengan anak. Dan, hubungan itu sangat baik itu yang membuat suasana di sini lebih seperti suasana rumah, karena suasana kekeluargaan yang tumbuh antara pak Habibie dengan tim dokter,” ungkap Anies.

Anies dalam kunjungannya juga meminta, agar dokter melakukan hal yeng terbaik bagi mantan orang nomor satu di negara ini. Tak lupa dia memohon banyak doa dari seluruh masyarakat agar Habibie bisa cepat kembali sembuh.

Lihat juga...