Guru Diharap Perkuat Pemahaman Siswa Empat Pilar Kebangsaan

KENDARI — Wali Kota Kendari, Sulawesi Tenggara Sulkarnain Kadir, berharap para guru dari Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) yang ada di Kota Kendari dapat memperkuat pemahaman siswa tentang empat pilar kebangsaan.

Keempat pilar tersebut adalah Pancasila, Undang-Undang Dasar Negara Kesatuan Republik Indonesia Tahun 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), dan Bhineka Tunggal Ika.

“Empat pilar kehidupan berbangsa dan bernegara merupakan panduan dalam kehidupan ketatanegaraan untuk mewujudkan bangsa dan negara yang adil, makmur, sejahtera dan bermartabat,” kata Sulkarnain Kadir, usai menghadiri sosialisasi empat pilar oleh MPR kepada anggota PGRI se-Kota Kendari, Selasa (24/9/2019).

Menurut Sulkarnain, dengan dilakukannya sosialisasi empat pilar kebangsaan kepada para guru, maka materi yang didapatkan bisa menjadi referensi untuk kembali menguatkan pemahaman para siswa tentang empat pilar kebangsaan.

“Saya kira ini sangat tepat karena mudah-mudahan hasil sosialisasi ini menjadi referensi bagi para guru kita khususnya di Kota Kendari untuk kembali menguatkan pemahaman tentang empat pilar ini,” katanya.

“Tentunya melalui pengamalan nilai empat pilar yang diharapkan dapat mengukuhkan jiwa kebangsaan, nasionalisme, patriotisme, untuk semakin mencintai dan bisa membangun negara,” tambahnya.

Sementara itu, anggota MPR, Prof. Hamka Haq mengatakan sosialisasi empat pilar tersebut menyasar guru karena guru dianggap mempunyai pengaruh di lingkungan, baik di lingkungan sekolah maupun masyarakat.

“Mengapa kali ini sasaran kita guru, karena guru punya pengaruh di lingkungannya. Selain di lingkungan sekolah juga di lingkungan masyarakat luas,” kata Hamka Haq.

Melalui sosialisasi kepada PGRI, Hamka Haq berharap para guru tidak hanya melakukan sosialisasi kepada muridnya, tapi juga di lingkungan keluarga dan masyarakat. (Ant)

Lihat juga...