hut

Guru PAUD di Desa Cerdas Mandiri Lestari, “Upgrade” Pengetahuan

Editor: Makmun Hidayat

YOGYAKARTA — Sejumlah pendidik dan guru PAUD di Desa Cerdas Mandiri Lestari Tamanmartani Kalasan Sleman, mengaku senang bisa meng-upgrade pengetahuan dan menambah ilmu mereka melalui kegiatan Pelatihan Guru-Guru PAUD yang digelar Yayasan Damandiri bekerjasama dengan Universitas Trilogi Jakarta bertempat di aula balai desa setempat, selama 8 hari ke depan.

Para pendidik PAUD yang didominasi kaum ibu-ibu itu mengaku tak ingin melewatkan kesempatan langka tersebut. Terlebih selama ini mereka mengaku belum pernah sekalipun mengikuti kegiatan pelatihan serupa baik itu yang digelar pemerintah maupun pihak lain. Padahal kegiatan semacam itu dinilai sangat penting guna mencapai pendidikan berkualitas di lembaga PAUD masing-masing.

“Senang sekali, karena bisa menambah wawasan dan pengetahuan guru-guru PAUD. Apalagi mayoritas dari kita belum pernah mengikuti pelatihan-pelatihan semacam ini. Kita berharap agar pelatihan semacam ini dapat rutin digelar agar kualitas pendidikan PAUD khususnya di Tamanmartani semakin meningkat,” kata salah seorang peserta pelatihan, Wahyu Widayati asal PAUD dan TK Pertiwi Tamanmartani.

Salah seorang peserta pelatihan, Wahyu Widayati asal PAUD dan TK Pertiwi Tamanmartani. -Foto: Jatmika H Kusmargana

Wahyu sendiri mengaku tergerak menjadi pendidik PAUD di desanya karena ingin ikut berkontribusi dalam mencegak SDM unggul, khususnya di usia dini. Meskipun ia mengakui perhatian pemerintah terhadap kesejahteraan para pendidik atau guru-guru PAUD selama ini masih sangat minim. Dimana dalam sebulan mereka kerap hanya mendapat gaji puluhan hingga ratusan ribu saja.

“Kalau menyangkut kesejahteraan sulit untuk dikatakan. Karena kan selama ini mayoritas PAUD dikeloka oleh masyarakat. Sehingga dananya juga lebih banyak untuk pelaksanaan proses belajar mengajar itu sendiri. Sementara untuk pendidik sangat minim,” katanya.

Meski begitu, Wahyu menyambut baik upaya yang dilakukan Yayasan Damandiri melalui program Desa Cerdas Mandiri Lestari, yang mendorong seluruh guru PAUD di Desa Tamanmartani sebagai anggota koperasi. Diharapkan dengan menjadi anggota koperasi, kesejahteraan para pendidik atau guru PAUD pun akan semakin meningkat.

“Selama ini melalui program Desa Cerdas Mandiri Lestari, Yayasan Damandiri sudah memberikan bantuan bagi sejumlah PAUD yang ada di Tamanmartani. Berupa beasiswa bagi siswa. Meskipun bantuan untuk guru-guru PAUD belum ada. Kita harapkan ke depan ada program yang bisa diberikan bagi guru-guru PAUD,” katanya.

Di Desa Cerdas Mandiri Lestari Tamanmartani sendiri tercatat terdapat sebanyak 21 PAUD yang tersebar di sejumlah dusun. Terbagai dari sebanyak 11 PAUD formal dan 11 PAUD non formal. Dari jumlah itu tercatat ada sedikitnya sebanyak 75 guru atau pendidik PAUD. Dari sekitar 75 pendidik PAUD yang ada di Tamanmartani itu mayoritas merupakan warga sekitar yang belum pernah mengikuti pelatihan-pelatihan semacam ini.

Lihat juga...