hut

Hemat Listrik, Kementerian ESDM Dorong Penggunaan Panel Surya

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

JAKARTA – Menciptakan lingkungan yang ramah, bisa dimulai dengan menggunakan Energi Baru Terbarukan (EBT) dalam kehidupan sehari-hari.

Salah satunya adalah penggunaan panel surya pada atap atau yang lebih dikenal dengan program PLTS Rooftop.

Direktur Aneka Energi Baru dan Energi Baru Terbarukan, Dirjen EBTKE, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (KemenESDM), Harris, ST, MT menyebutkan bahwa pemerintah mendorong penggunaan PLTS Rooftop ini.

“Menteri sedang mempersiapkan regulasi dan surat edaran. Paling sedikit, digunakan untuk kantor sendiri,” kata Harris.

Ia menyebutkan, dalam lingkungan KemenESDM sendiri sudah mulai diaplikasikan.

“Pak Menteri sangat mendorong untuk para pejabat ESDM untuk menggunakan PLTS Rooftop ini. Bahkan beliau sudah pasang duluan. Saya juga sudah pasang,” ujar Harris.

Harris menyatakan para Eselon I KemenESDM semuanya sudah menggunakan PLTS Rooftop ini. Sementara pada tingkat Eselon II sudah mulai banyak yang menggunakan.

Beberapa data menyebutkan bahwa penggunaan PLTS Rooftop ini bisa mengurangi pemakaian listrik antara 15-30 persen tiap bulannya. Perawatannya pun relatif tidak susah.

Campaign Manager Coaction Indonesia, Juris Bramantyo, menyebutkan bahwa dengan sosialisasi yang tepat, PLTS Rooftop ini bisa menyasar para generasi muda Indonesia yang mulai sadar akan pentingnya energi bersih.

“Kantor kita kan pasang. Suka ada saja yang menghubungi kami dan berkata mau pasang. Karena itu  sering terjadi, jadi kami beride untuk membuat daftar perusahaan yang bisa menyediakan rooftop surya ini,” ucapnya.

Juris juga mengusulkan bagaimana kalau pemerintah mendorong industri untuk melakukan program cicilan pada kepemilikan PLTS Rooftop ini.

“Kan sekarang semua barang bisa dicicil. Bagaimana kalau pemerintah membuat program yang memungkinkan peminat program ini bisa mencicil,” ujarnya.

Lihat juga...