hut

Hongaria Terjungkal, Kroasia Ambil Alih Puncak Grup E

JAKARTA — Hongaria yang terjungkal di kandang sendiri dan menelan kekalahan 1-2 dari Slovakia dalam lanjutan pertandingan kualifikasi Piala Eropa 2020 pada Selasa WIB, membuat Kroasia yang tampil lebih awal mengambil alih posisi puncak Grup E.

Menjamu Slovakia di Stadion Groupama Arena, Budapest, Hongaria malah tertinggal lebih dulu dari Slovakia lima menit jelang turun lewat sepakan Robert Mak.

Hongaria sempat menyamakan kedudukan lewat eksekusi tendangan bebas Dominik Szoboloszai pada menit ke-50, namun enam menit berselang Slovakia kembali memimpin lewat tembakan kaki kanan Robert Bozenik.

Skor itu bertahan hingga peluit tanda laga usai dan akibatnya Hongaria merosot hingga ke posisi ketiga klasemen meski memiliki total sembilan poin setara dengan Slovakia.

Pasalnya, Slovakia punya selisih surplus dua gol dibandingkan surplus satu gol milik Hongaria, demikian catatan laman resmi UEFA.

Posisi puncak diambil alih oleh Kroasia (10) meski di laga lebih awal mereka ditahan imbang oleh tuan rumah Azerbaijan (1) dengan skor 1-1.

Satu poin yang “didermakan” oleh Kroasia ke Azerbaijan, rupanya memberikan karma baik sebab mereka kini berada di puncak sebelum rangkaian pekan ketujuh dilangsungkan pada pertengahan Oktober mendatang. [Ant]

Berikut hasil pertandingan kualifikasi Piala Eropa 2020 pekan keenam di Grup E (tuan rumah disebut pertama):

Azerbaijan 1 – Kroasia 1 (Tamkin Khalilzada 72′; Luka Modric p-11′)
Hongaria 1 – Slovakia 2 (Dominik Szoboszlai 50′; Robert Mak 40′, Robert Bozenik 56′).

Lihat juga...