hut

Jalur Khusus Sepeda di Jakarta Ditarget Selesai Tahun Ini

Editor: Koko Triarko

JAKARTA – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta tengah mempersiapkan jalur khusus bagi pesepeda, untuk mendorong masyarakat menjadikan sepeda sebagai alat transportasi, bukan sekadar alat olah raga. Pembangunannya ditargetkan selesai sebelum akhir 2019. 

“Sedang dalam proses (pembuatan). Nanti kita harap akan bisa tuntas sebelum akhir tahun. Minggu lalu sudah selesai workshop-nya,” jelas Gubenur DKI, Anies Baswesdan, di Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Minggu (15/9/2019).

Nantinya, rute khusus sepeda itu dibuat dengan mengutamakan keamanan dan kenyamanan masyarakat.

“Nanti akan disampaikan secara detail saat peluncuran, supaya masyarakat bisa mengetahui rute mana saja dan cara-cara yang dilakukan supaya membuat bersepeda menjadi aman dan nyaman,” ucapnya.

Ia ingin mendorong warga agar menjadikan sepeda sebagai alat transportasi, bukan sekadar olah raga saja. Karena kalau sepeda sebagai alat olah raga, maka konsekuensinya seringkali kita menempatkan ini di waktu-waktu senggang.

“Tapi kalau sepeda sebagai alat transportasi, maka kita gunakan sepeda untuk jarak-jarak yang mudah pakai sepeda. Seperti di lingkungan rumah, di lingkungan kantor. Itu artinya kita harus menyiapkan tempat-tempat parkir, menyiapkan ruang-ruang kamar mandi untuk tempat berbilas. Sehingga bagi warga yang bertransportasi memakai sepeda bisa nyaman,” paparnya.

Sebelumnya, dalam beberapa waktu terakhir, Anies kerap beraktivitas menggunakan sepeda untuk berkantor dari rumah di Lebak Bulus, Jakarta Selatan menuju Balai Kota, Jakarta Pusat. Anies juga menggunakan sepeda untuk meninjau tempat-tempat, seperti ke kawasan Kota Tua, Hayam Wuruk, Senayan, hingga Kanal Banjir Timur (KBT).

Lihat juga...