hut

Kabut Asap, Belum Ganggu Penerbangan di Bandara SAMS Sepinggan

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

BALIKPAPAN – Hingga kini jadwal penerbangan PT Angkasa Pura I Bandar Udara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan belum terganggu, meski kabut asap sempat menyelimuti sejak Senin (9/9) lalu.

General Manager Angkasa Pura I Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan, Farid Nugraha, memastikan bahwa kabut asap yang terjadi belum mengganggu jadwal penerbangan.

GM AP I Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan, Farid Indra Nugraha, saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (11/9/2019) – Foto: Ferry Cahyanti

“Kalau pemberangkatan dari Balikpapan tidak ada gangguan, tapi dari yang masuk ada. Seperti Melak dan Berau  terganggu delay,” ucapnya saat ditemui, Rabu (11/9/2019).

Menurut Farid, saat terjadi gangguan dari kabut asap ini di Kalimantan Timur, ada tipe pesawat dan pilot yang tidak mempermasalahkannya. Pasalnya didukung oleh teknologi serta jam terbang sang pilot.

“Masing-masing tipe pesawat berbeda ada yang visual dan instrumen. Begitu juga dengan pilotnya jadi tidak bisa disama-ratakan untuk menghadapi dampak kabut asap,” ulasnya.

Diakuinya beberapa hari lalu sempat terkena dampak sedikit delay untuk pemberangkatan karena pesawat yang berangkat melalui bandara Syamsuddin Noor di Banjarmasin delay.

“Sempat ada sedikit delay saat penerbangan ke Banjarmasin. Di sana juga enggak bisa ngapa-ngapain,” ujarnya.

Sementara itu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Balikpapan mulai membagikan masker kepada masyarakat yang tengah beraktivitas di luar ruangan khususnya bagi para pengendara sepeda motor.

“Pembagian masker dilakukan untuk mencegah dampaknya, yaitu penyakit ISPA akibat dari kabut asap, beberapa hari terakhir,” sebut Kepala BPBD Kota Balikpapan, Suseno.

Adapun masker yang dibagikan sebanyak 3000 masker. Masker dibagikan di sejumlah titik wilayah pada pagi hari, mengingat kabut asap menyelimuti mulai pukul 06.00 hingga 09.00 wita.

Lihat juga...
error: Terimakasih Sudah Berkunjung !!