hut

Kabut Asap Tujuh Penerbangan dari Bandara Balikpapan, Dibatalkan

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

BALIKPAPAN – Akibat cuaca buruk yang disebabkan kabut asap, tujuh penerbangan melalui Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan terpaksa batal terbang sesuai jadwal pada Jumat, 13 September 2019.

Sebagian wilayah Kalimantan Timur terdapat titik api yaitu di Kabupaten Penajam Paser Utara, dan upaya pemadaman terus dilakukan dengan melibatkan tim dan TNI.

Communication and Legal Section Head at Angkasa Pura I Airports, Andanina Megasari, mengatakan, tujuh penerbangan tersebut, 5 diantaranya menuju bandara Kalimaru di Tanjug Redeb Berau, 2 penerbangan menuju bandara Kutai Barat Melalan, dan 1 penerbangan menuju Bandara Tanjung Harapan di Tanjung selor Kalimantan Utara.

Communication and Legal Section Head at Angkasa Pura I Airports , Andanina Megasari (kanan), di lokasi bandara, Jumat (13/9/2019) – Foto: Ferry Cahyanti

“Dari 7 penerbangan yang cancel ada 517 penumpang. Itu data yang berhasil kami himpun hari ini. Saat ini kami tengah mengumpulkan informasi lebih detil untuk jumlah penumpang dan tindakan penanganan lebih lanjut,” jelasnya melalui keterangan resmi, Jumat (13/9/2019).

Menurutnya, akibat cuaca buruk maka 7 pesawat itu dengan terpaksa cancel. Bagi penumpang yang ingin melakukan refund dan penjadwalan ulang untuk menghubungi airline.

“Pesawat cancel dikarenakan cuaca buruk di Berau, passenger diarahkan ke Customer Service Airline Masing-masing untuk refund dan reschedule kegiatan dalam pengawasan,” ujarnya.

Adapun maskapai yang batal terbang dengan tujuan Berau adalah Wing Air, Garuda, dan Sriwijaya.

Sementara itu, Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang terjadi di Penajam Paser Utara (PPU) saat ini cukup mengkhawatirkan, menyusul hingga kini terdapat ratusan hektare lahan atau hutan dilahap api.

Bahkan Badan Penanggulangan Bencana Daerah PPU mencatat dalam dua pekan terakhir dalam satu harinya terdapat enam titik api, baik lahan gambut maupun hutan di daerah PPU.

Lihat juga...