hut

Kaltim Targetkan Penuhi 40 Persen Kebutuhan Daging

Editor: Mahadeva

BALIKPAPAN – Pemporv Kalimantan Timur (Kaltim) menargetkan bisa memenuhi 40 persen kebutuhan daging sapi bagi penduduknya. Hingga kini, Kaltim baru mampu memenuhi kebutuhan sebesar 27,3 persen dari jumlah penduduknya yang sebanyak 3,5 juta jiwa.

Data Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Kaltim, kebutuhan ternak sapi daerah tersebut, 100 ribu ekor pertahun. 50 ribu ekor sapi potong dipenuhi dari produksi local. Sisanya dari daging beku yang didatangkan.

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Kalimantan Timur, Dadang Sudarya – Foto Ferry Cahyanti

“Jadi satu tahun itu kebutuhan 100 ribu ekor dengan jumlah penduduk 3,5 juta jiwa. Kalau nanti 2024 dibutuhkan 150 ribu, dengan asumsi lima juta penduduk, atau ada tambahan 1,5 juta penduduk,” ungkap, Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Kaltim, Dadang Sudarya, Selasa, (3/9/2019).

Dengan pertambahan penduduk tersebut, ditargetkan 40 persen kebutuhan daging bisa dipenuhi oleh produksi lokal Kaltim. “Ke depan kita bisa penuhi dari lokal 40 persen targetnya. Meskipun nanti ada peningkatan kebutuhan, kemudian kita tingkatkan 60 ribuan pertahunnya,” sebutnya.

Sampai akhir 2019 ini, ditargetkan Kaltim bisa memproduksi 125 ribu ekor sapi. Upaya yang dilakukan untuk menambah produksi sapi di Benua Etam, dengan mengembangkan wilayah peternakan sapi. Kegiatannya melibatkan pihak swasta. Kemudian dengan pengembangan sapi potong di areal perkebunan sawit.

“Tahun ini sudah dikembangkan sapi potong di areal perkebunan sawit di Kecamatan Waru, Kabupaten Penajam Paser Utara. Dengan tahap awal didatangkan sapi brahman cross daari Australia dengan jumlah 1.691 ekor,” ungkap Dadang Sudarya.

Upaya lain yang dilakukan adalah pengembangan peternakan sapi dilahan eks tambang. “Ada juga penggemukan sapi yang dilakukan pihak swasta. Harapannya dengan IKn (Ibu Kota Negara) banyak investor masuk mengembangkan peternakan sapi,” tutupnya.

Lihat juga...
error: Terimakasih Sudah Berkunjung !!