hut

Kawasan Wisata di Ujung Selatan Sumbar, Minim Infrastruktur

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

PESISIR SELATAN – Bagi yang hendak menuju Kabupaten Pesisir Selatan dari Kota Padang, Sumatera Barat, dengan tujuan berwisata, jangan lupa singgah ke Siguntur Tuo, Kecamatan Koto XI Tarusan. Daerah ini memiliki tempat wisata alam yang begitu menakjubkan.

Tempat itu, Air Terjun Sarasah Siguntur Tuo. Sebenarnya untuk menjangkau tempat ini butuh perjalanan yang cukup panjang, dan juga melakukan tracking. Tapi jangan membayangkan bakal menempuh perjalanan yang membosankan, karena di daerah Siguntur Tuo ini, memiliki perkebunan buah durian yang terkenal dengan kelezatannya.

Tempat Air Terjun itu, memiliki ketinggian air yang tidak begitu tinggi. Namun pesona di lokasi ini, akan mampu membuat pengunjung terlena. Hal ini dikarenakan air sungainya begitu jernih, dingin, bersih, banyak bebatuan, serta tidak begitu dalam. Jadi, lokasi wisata alam ini paling menyenangkan untuk dikunjungi.

Namun, buruknya akses menuju lokasi wisata, masyarakat sempat mengaku sering untuk mengingatkan kepada pengunjung untuk mengurungkan niat menuju lokasi wisata tersebut. Hal ini bertujuan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan terjadi sepanjang perjalanan menuju lokasi air terjun.

Wali Nagari (Kepala Desa) Siguntur Tuo, Bustamudin, menyatakan, kawasan Air Terjun Sarasah Siguntur Tuo, memiliki banyak potensi yang bisa dikembangkan. Selain wisata alam barupa air terjun juga bisa dikembangkan wisata agro, yakni paket wisata panen durian, dan menunggu durian jatuh di ladang atau kebun.

“Mungkin ke depannya wisata ini bisa dikembangkan, wisatawan bisa memiliki banyak alternatif ketika berkunjung ke Tarusan. Selain menikmati wisata bahari mereka juga menikmati wisata alam lainnya sambil menikmati buah durian yang terkenal dengan kelezatannya,” katanya, Minggu (15/9/2019).

Supaya pengunjung mendapatkan pengalaman yang indah maka kawasan air terjun Sarasah Siguntur butuh beberapa kelengkapan sarana dan prasarana, salah satunya perbaikan akses ke lokasi, sehingga ketika wisatawan ingin ke lokasi tidak terlalu sulit.

“Melalui dana desa telah kita bangun jembatan gantung untuk melengkapi sarana dan prasarana menuju ke kawasan Air Terjun Sarasah. Dan ke depannya akan dilengkapi sarana lainnya seperti tempat duduk, ruang bilas dan lainnya,” ujarnya.

Ditambahkan menjadikan kawasan air Sarasah Siguntur sebagai salah satu objek wisata andalan di nagarinya pihaknya mengalokasikan dana desa untuk mengembangkan kawasan ini.

“Kita sangat optimis kawasan ini menjadi kawasan wisata yang ramai dikunjungi oleh wisatawan, sebab potensi yang dimiliki sangat besar. Alokasi dana desa dialokasikan ke kawasan ini untuk membangun beberapa sarana dan prasarana pendukung agar nantinya wisatawan bisa nyaman dan aman ketika berkunjung,” sebutnya.

Untuk mempermudah wisatawan bisa sampai ke puncak air terjun diupayakan akan dibuat jalur khusus dan perbaikan jalan. Rencana pengembangan selanjutnya akan dibicarakan dengan masyarakat dan semua pihak terkait lainnya. Jika rencana pengembangan ini terwujud masyarakat secara ekonomi akan merasakan dampaknya.

Terkait kondisi jalan menuju lokasi wisata, Wakil Bupati Pesisir Selatan, Rusma Yul Anwar, menyatakan salah satu upaya yang akan dilakukan adalah membenahi dan meningkatkan berbagai sarana dan prasarana penunjang pada semua objek wisata yang ada.

Wakil Bupati Pesisir Selatan, Rusma Yul Anwar (kanan) bercerita dengan masyarakat saat melakukan kunjungan ke rumah penduduk setempat, Minggu (15/9/2019) – Foto: M. Noli Hendra

Menurutnya, dalam meningkatkan berbagai sarana dan prasarana penunjang pada setiap kawasan wisata yang ada, terutama sekali pada kawasan-kawasan yang diunggulkan.

Dia menyampaikan bahwa sekarang Pesisir Selatan, terus melakukan pembenahan pembangunan pada berbagai kawasan wisata. Hal itu dapat terlihat di Pantai Carocok Painan, Taman Spora Painan, Kawasan Mandeh, dan banyak lagi.

“Bahkan dalam waktu dekat ini, Pesisir Selatan juga akan membangun kolam renang di objek wisata air terjun Bayangsani di Nagari Kotobaru Kecamatan Bayang. Ini sebagai contohnya. Begitu juga untuk daerah lainnya yang mengalami kendala infrastruktur, bisa dicari solusi melalui dana desa,” katanya.

Dia berharap melalui upaya itu, animo masyarakat untuk berwisata dan berkunjung  ke Pesisir Selatan benar-benar semakin meningkat lagi.

Untuk itu Wabup meminta kepada masyarakat agar selalu menjaga kebersihan, serta juga meningkatkan kenyamanan agar pariwisata yang telah menjadi ikon Pesisir Selatan, terus mengalami peningkatan dari waktu ke waktu.

“Sebab melalui peningkatan sarana itu, akan berpengaruh pula terhadap perekonomian masyarakat,” ujarnya.

Dia menambahkan agar dinas terkait bekerja lebih ekstra lagi dalam mengelola dunia pariwisata ke depan. Namun tetap melakukan koordinasi dengan instansi lainnya, yang juga ikut andil dalam pengembangan dunia pariwisata.

Lihat juga...